Satria Nugraha Didapuk Jadi Putera Bahari Jawa Barat 2024

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

26 Mei 2024 22:23 26 Mei 2024 22:23

Thumbnail Satria Nugraha Didapuk Jadi Putera Bahari Jawa Barat 2024 Watermark Ketik
Satria Nugraha Putra didapuk menjadi Putera Bahari Jawa Barat 2024, dalam Grand Final Pemilihan Putera Puteri Bahari Jabar 2024, di Taman Budaya,  Kota Bandung, Minggu (19/5/24).(Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Satria Nugraha Putra didapuk menjadi Putera Bahari Jawa Barat 2024, dalam Grand Final Pemilihan Putera Puteri Bahari Jawa Barat 2024, di Taman Budaya Jawa Barat,  Kota Bandung, Minggu (19/5/2024).

Pemilihan Duta Bahari Jabar yang digelar keempat kalinya merupakan program rutin tahunan Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Barat (DKP Jabar), bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar dan Ikatan Putera Puteri Bahari Jawa Barat (IPPB Jabar)

Kecintaan Satria Nugraha kepada laut mengantarkannya untuk menjadi Putera Bahari Jabar 2024. Satria menganggap laut sebagai bagian dari hidupnya. Laut ibarah rumah yang harus ia jaga kelestarian dan juga kebersihannya.

"Alhamdulillah, puji syukur tentunya merasa amat senang, bahagia dan berterimakasih kepada orang-orang yang telah terlibat dalam proses rangkaian Pemilihan Putera Puteri Bahari Jawa Barat 2024, sejak awal sampai akhirnya saya terpilih menjadi Putera Bahari Jabar 2024," ucap Satria kepada ketik.co.id, Minggu (26/5/2024).

Satria yang masih kuliah di Jurusan Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB Univesity ini pun menghaturkan terimakasih kepada panitia yang sudah berusaha keras mensukseskan acara ini.

"Tentunya tanggung jawab mulia ini akan saya maksimalkan dan dedikasikan secara penuh untuk lingkup Jawa Barat, terkhusus di sektor kelautannya selama satu tahun ke depan," imbuh Satria yang kini jadi bagian dari Gen Z Desa Pasirjambu, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor ini.

Salah satu rencana program Satria adalah dengan memanfaatkan platform sosial media untuk mengajak Gen Zillenial agar lebih cinta dan peduli bahari maritim. Selain itu membuat program aksi nyata dan mengajak Gen Z untuk turut terlibat di dalamnya, baik berupa program edukasi, kolaborasi dan juga aksi peduli bahari. 

"Di mana kegiatan-kegiatan tersebut dapat di implementasikan dari tujuan dan misi advokasi yang saya punya, ialah Grapari Z," ungkap Satria.

Program lainnya adalah dengan melakukan kunjungan ke obyek wisata bahari di beberapa wilayah di Jawa Barat, dan menggelar edukasi kepada masyarakat pesisir pantai.

Ia pun merencanakan program bersama Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jabar untuk membahas isu-isu seputar kelautan di Jawa Barat, dengan berkolaborasi bersama dinas di daerah.

Ditanya soal pengalamannya saat menghadapi finalis lainnya grand final, Satria menjawab dirinya selalu berupaya memaksimalkan setiap penugasan yang telah diberikan, dan mengikuti seluruh instruksi yang diperintahkan oleh panitia.

"Saya memandang setiap finalis lain itu sebagai kawan. Setiap finalis yang mengikuti ajang ini tentu memiliki kelebihan, kesiapan dan karakternya masing-masing," kata dia.

Satri yang kini masih aktif di Pramuka IPB University ini mengaku banyak manfaat yang ia petik untuk diri sendiri mengikuti ajang Putera Bahari Jabar ini. Ia berharap ajang ini bisa menjadi wadah untuk terus belajar, berkembang, memperluas koneksi dengan orang banyak dan menajamkan skill yang ia miliku. 

"Selain itu, menjadikan wadah ini sebagai tempat pengimplementasian keilmuan yang telah didapatkan selama di bangku perkuliahan dan memberikan kebermanfaatan untuk lingkungan sekitar," imbuh aktivis Karang Taruna Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor ini.(*)

Tags:

putera bahari jawa barat puteri bahari jawa barat putera puteri bahari
04. Home Sidebar 1
05. Home Sidebar 2
04. Home Sidebar 1