Sebagian Kawasan Bromo Ditutup Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

2 September 2023 04:26 2 Sep 2023 04:26

Thumbnail Sebagian Kawasan Bromo Ditutup Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan Watermark Ketik
Petugas BB TN BTS sedang berusaha memadamkan api di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. (Foto: Dok: BB TN BTS)

KETIK, MALANG – Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di kawasan Savana Kaldera Wisata Bromo mengharuskan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TN BTS) menutup sebagian kawasan wisata tersebut. 

Kepala Bagian Tata Usaha BB TN BTS, Septi Eka Wardhani mengatakan, untuk kelancaran upaya pemadaman serta memperhatikan keamanan pengunjung, maka kunjungan Wisata Bromo melalui pintu masuk Jemplang, Coban Trisula, dan Senduro ditutup untuk pengunjung.

"Penutupan diberlakukan sejak Jumat tanggal 1 September 2023 mulai pukul 20.00 WIB sampai dengan batas waktu yang belum bisa ditentukan," terangnya.

Oleh karena itu, pengunjung dapat masuk ke kawasan Wisata Bromo melalui pintu Cemoro Lawang dan Wonokitri. Adapun, batasan yang boleh dikunjungi mulai dari Lautan Pasir ke arah Gunung Batok, Bungkah Dingklik sampai dengan View Point Pananjakan.

"Sedangkan, dari arah Watu Singo hingga Jemplang serta Puncak B29 yang berasal dari Argosari, Lumajang ditutup untuk kunjungan wisata," tambah Septi.

Septi menegaskan, pihaknya mengimbau kepada masyarakat, pengunjung, dan pelaku jasa wisata agar menjaga Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dari kebakaran hutan dengan memperhatikan penggunaan api demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bersama.

"Kami mengimbau semua pihak untuk tidak membuat api di sekitar kawasan TN BTS mengingat saat ini kondisi cuaca sangat kering dampak dari musim kemarau panjang dan sebagian savana mengering akibat frost atau embun upas," tegasnya.

Kebakaran hutan dam kahan (karhutla) melanda Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sejak Selasa (29/8/2023) lalu. Titik api ditemukan pertama kali sekitar pukul 23.30 WIB.

Berdasarkan informasi dari masyarakat kepada petugas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TN BTS), terdapat titik api di Bantengan atau sekitar perbatasan resort PTN Wilayah Coban Trisula dan resort PTN Wilayah Ranupani.(*)

Tombol Google News

Tags:

Karhutla Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru