Segera Daftar! Polije Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Prima, Ada Kelas Internasional

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Mustopa

11 Juli 2024 13:48 11 Jul 2024 13:48

Thumbnail Segera Daftar! Polije Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Prima, Ada Kelas Internasional Watermark Ketik
Mahasiswa Kelas Internasional menyelesaikan studi di Polije dan universitas di China (Foto: Humas Polije)

KETIK, JEMBER – Politeknik Negeri Jember (Polije) kembali membuka penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri Prima tahun ajaran 2024/2025.

Seleksi Mandiri Prima merupakan penerimaan mahasiswa baru khusus Polije dengan dua skema. Yaitu menggunakan nilai hasil ujian tulis berbasis komputer/UTBK-SNBT serta tes berbasis komputer (Computer Based Test) Online.

Untuk program studi jenjang Diploma Tiga dan Sarjana Terapan yang berada di Kampus Utama Jember, Kampus 2 Bondowoso, PSDKU Kampus Nganjuk, Sidoarjo, Ngawi, dan Program Studi Kelas Internasional.

Wakil Direktur 1 Polije Bidang Akademik, Surateno, menyampaikan alur penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri dibuka mulai tanggal 10 sampai 20 Juli 2024.

"Sesuai dengan Permendikbud Ristek, kami diberi ruang melaksanakan jalur mandiri selesai sampai dengan akhir bulan Juli 2024. Sehingga dengan rentang yang ada ini, kita optimalkan untuk masyarakat yang berkeinginan melanjutkan studi di Kampus Politeknik Negeri Jember,” ungkapnya, Kamis (11/7/2024).

Surateno menguraikan kedua jalur seleksi Mandiri Prima. Pertama, seleksi dengan input hasil UTBK-SNBT sebagai instrumen berkompetisi mengisi kuota berdasarkan daya tampung tiap prodi.

“Secara otomatis peringkat itu akan diurutkan dengan hasil UTBK-SNBT. Kedua, tes basis komputer skema full online untuk efisiensi waktu,” sambungnya.

Meskipun dilakukan secara online, dia memastikan ujian dilakukan dengan mekanisme penjaminan kualitas pelaksanaan yang bisa dipertanggungjawabkan.

“Untuk memastikan bahwa pelaksanaan ujian itu berjalan dengan jujur tanpa ada joki ataupun pihak-pihak yang tidak berkepentingan membantu peserta ujian, kita menggunakan mekanisme dua device. Yang satu digunakan untuk ujiannya sendiri dan yang satu untuk pengawasan,” tegas Surateno.

Kelas Internasional

Di samping program studi reguler yang dibuka untuk kampus Polije yang berada di Indonesia. Juga dibuka program studi Kelas Internasional joint degree dengan kampus luar negeri di China.

Yakni program studi Manajemen Informatika (Diploma Tiga) Kelas Internasional Program Joint Degree kerjasama dengan Changzhou Institute of Mechatronic Technology (CZIMT) China.

Serta program studi Teknik Komputer (Diploma Tiga) Kelas Internasional Program Joint Degree kerjasama dengan Wuxi Institue of Technology (WXIT) dan Job Training perusahaan China di Indonesia (Delong Nikel.Co.Ltd).

“Skema dengan mitra Changzhou itu 2 tahun belajar di Polije, satu tahun sisanya di China. Sementara di Wuxi itu kebalikannya, satu tahun di Polije, 2 tahun di China. Mahasiswa akan mendapatkan gelar baik dari Polije maupun kampus mitra,” urai Vigo Dewangga, Koordinator Urusan Kerjasama Internasional.

Polije juga memberikan fasilitas kepada mahasiswa Kelas Internasional, meliputi penguatan Bahasa Mandarin, tiket pesawat sekali jalan, transport lokal antar-jemput, dan membantu proses pembuatan paspor dan Visa.

Selain kedua program studi tersebut, Polije juga berencana membuka satu prodi baru untuk kelas internasional. 

“Jurusan Peternakan Prodi D3 Produksi Ternak dengan mitra lama kami, rencana kami akan buka di tahun ajaran baru ini tapi menunggu proses izin resmi,” tutup Vigo.

Calon mahasiswa baru yang berminat melanjutkan studi di kampus vokasi Polije, segera mendaftarkan diri sebelum terlambat. Berikut di bawah ini jadwal seleksi penerimaan mahasiswa baru Jalur Mandiri Prima:

Jadwal seleksi nilai hasil ujian UTBK-SNBT

  • Pendaftaran 10-20 Juli 2024
  • Pengumuman 24 Juli 2024
  • Masa sanggah 24-28 Juli 2024
  • Daftar ulang 24-30 Juli 2024

Jadwal seleksi CBT Online

  • Pendaftaran 10-20 Juli 2024
  • Pelaksanaan tes (online) 22 Juli 2024
  • Pengumuman 24 Juli 2024
  • Masa sanggah 24-28 Juli 2024
  • Daftar ulang 25-30 Juli 2024

Peserta dapat memilih dua program studi yang berada di semua kampus. Termasuk dua prodi unggulan Kelas Internasional joint degree dengan kampus di Negeri Tirai Bambu.

Persyaratan lulusan SMA/SMK sederajat tahun 2022, 2023, dan 2024. Untuk informasi lebih lengkap dapat mengakses laman pendaftaran di pmb.polije.ac.id.(*)

Tombol Google News

Tags:

Penerimaan Mahasiswa Baru Polije Kelas Internasional Politeknik Negeri Jember Jalur Mandiri Prima China Jember