Sejarah di Balik Monumen 47 Pendiri Selecta Kota Batu, Begini Ceritanya

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

24 Januari 2024 16:00 24 Jan 2024 16:00

Thumbnail Sejarah di Balik Monumen 47 Pendiri Selecta Kota Batu, Begini Ceritanya Watermark Ketik
Direktur Utama PT Selecta, Sujud Hariadi dan Monumen 47 Tokoh pendiri pembangunan PT Selecta. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Taman Rekreasi Selecta Kota Batu meremajakan monumen 47 Tokoh pendiri pembangunan PT Selecta. Monumen yang sebelumnya berada di atas kolam ikan Koi, kini dibangun lebih mewah dan diletakkan di bagian depan area masuk Taman Rekreasi Selecta.

Monumen tersebut menggunakan arsitektur bangunan Belanda lengkap dengan jam klasik diatas nama-nama 47 Tokoh. Warna putih mendominasi bangunan monumen itu, sementara nama 47 tokoh diukir diatas batu marmer hitam dengan tinta warna emas.

Direktur Utama PT Selecta, Sujud Hariadi mengatakan, 47 tokoh tersebut adalah pendiri Selecta usai ditinggal oleh pemiliknya yaitu warga Belanda. Secara pembangunan, memang Selecta dibangun oleh warga Belanda pada tahun 1930. Namun, Selecta dibuka kembali melalui PT Selecta pada tahun 1950.

"Sejak 1945 Selecta kosong tidak ada yang memiliki. Setelah agresi militer Belanda pada tahun 1949, pemuda dan tokoh masyarakat desa sekitar Selecta berinisiatif untuk menghidupkan Selecta kembali. Padahal Selecta sudah terbengkalai bahkan sudah ditanami sayuran oleh warga," jelasnya, Rabu (24/1/2024).

Sujud menceritakan, Selecta saat akan diambil alih warga pada waktu itu sudah berbentuk PT yang dimiliki oleh warga Belanda. Sehingga tidak bisa serta merta bisa di miliki oleh warga. Oleh karena itu, 47 tokoh sepakat membentuk PT Selecta untuk membeli Selecta ke pemiliknya. 

Kemudian, kata Sujud, PT Selecta menjual saham dengan harga Rp 100 perlembar waktu itu. Dan terkumpul 5000 ribu saham yang selanjutnya untuk membeli Selecta.

"Pada tahun 1949 Selecta dibeli dengan harga 305 ribu rupiah. Jaman dulu sudah banyak banget. Jaman itu emas satu gram hanya 10 rupiah," jelas Sujud.

Setelah dibeli pada 1949, kemudian Taman Rekreasi Selecta diresmikan setahun kemudian yaitu pada tahun 1950. Dikatakan Sujud, saat ini saham PT Selecta dimiliki oleh 10100 Persero atau orang.

"Kemudian Selecta diresmikan 19 januari 1950. Sehingga hari tersebut ditetapkan sebagai hari jadi Selecta," sambung Sujud.

Lebih lanjut Sujud mengutarakan, Monumen 47 tokoh Pendiri Selecta sebenarnya sudah ada sejak 1990. Namun, saat itu terletak di dalam karena pos tiket juga ada dia dalam. 

Seiring perluasan area Selecta zaman, pos tiket di pindah ke depan. Sehingga, monumen tidak begitu terlihat. "Akhirnya kita remajakan dengan diletakkan di depan, lebih menonjol terus kita mengunakan ukiran dengan tinta emas," urainya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Taman Rekreasi Selecta Monumen 47 Tokoh pendiri Selecta
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1