Sejarah! Raih Poin Lagi di GP Italia, Mario Aji Pembalap GP Moto2 Terbaik Indonesia

Jurnalis: Samsul HM
Editor: M. Rifat

2 Juni 2024 11:54 2 Jun 2024 11:54

Thumbnail Sejarah! Raih Poin Lagi di GP Italia, Mario Aji Pembalap GP Moto2 Terbaik Indonesia Watermark Ketik
Pembalap Moto2 Indonesia Mario Aji pada GP Italia di sirkuit Mugello (2/6/2024) (Foto: Honda Team Asia)

KETIK, JAKARTA – Sejarah baru tercipta! Pembalap Moto2 Indonesia Mario Aji mencetak sejarah bagi rider Indonesia yang tampil di grand prix pada GP Italia di sirkuit Mugello, Minggu sore (2/6/2024). 

Di balapan seri ketujuh musim ini tersebut, Mario Aji kembali meraih 1 poin usai finis di posisi 15. Ini hanya sepekan setelah dia juga mampu meraih 1 poin pada GP Catalunya di sirkuit Montmelo.

Artinya, rider asal Magetan Jawa Timur itu berhasil meraih poin secara back to back alias dua kali beruntun.

Lebih dari itu, capaian ini sekaligus membuat Mario Aji kini menahbiskan diri sebagai rider Indonesia tersukses yang pernah tampil di ajang grand prix Moto2 dalam sejarah.

Sejauh ini, selain Mario Aji hanya ada tiga pembalap Indonesia lain yang pernah tampil di Moto2. Mereka adalah Doni Tata Pradita (2013), Rafid Topan Sucipto (2012-2013, 2018), dan Dimas Ekky Pratama (2017-2019).

Dari ketiganya, hanya Doni Tata Pradita yang sanggup meraih poin di ajang yang hanya selevel di bawah kelas para raja alias MotoGP tersebut. Pembalap asal Yogyakarta itu mengumpulkan 1 poin yakni di GP Australia 2013.

Dengan 2 poin yang telah dimiliki Mario Aji di musim pertamanya tampil di Moto2 tahun ini, namanya kini terukir sebagai pembalap Indonesia tersukses di ajang grand prix tersebut.

Foto Pembalap Moto2 Indonesia Mario Aji (Foto: Honda Team Asia)Pembalap Moto2 Indonesia Mario Aji (Foto: Honda Team Asia)

Selain itu, peluang Mario Aji meraih lebih banyak poin lagi masih sangat terbuka lebar. Pasalnya, sama dengan MotoGP, balapan Moto2 tahun ini masih menyisakan 13 balapan lagi sampai seri terakhir atau ke-20 pada 17 November mendatang di GP Valencia.

Penampilan Mario Aji di GP Italia ini juga penuh drama. Pada sesi latihan bebas, Jumat (31/6/2024) dia sempat mengalami insiden highside. Saat itu dia terpental dari motornya dan terjatuh ke aspal dengan posisi kepala lebih dulu. 

Beruntung Mario Aji tidak mengalami cedera apapun. Dia bahkan bangkit dan mampu meraih poin pada balapan ini. Padahal dia melakukan start dari posisi 22.

Dukungan Penuh untuk Mario Aji

Mario Aji di Moto2 GP musim 2024 ini didukung penuh oleh Pemerintah Indonesia melalui BUMN, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sebagai sponsor utama.

Dia juga didukung penuh oleh Mabes Polri, di bawah Bapak Asuh Mario Aji, Komjen Pol Fadil Imran (Kabaharkam Polri).

Selanjutnya Mario Aji juga didukung oleh brand kosmetik terkenal di Indonesia yakni  Scarlett.

Pembalap dengan julukan Super Mario itu juga didukung penuh oleh Kapal Api, perusahaan kopi legendaris Indonesia dan terbesar asal Jawa Timur.

Selain itu, Media online nasional Ketik.co.id juga menjadi media partner Mario Aji. (*)

Tags:

Mario Aji Moto2 MotoGP GP Italia Sirkuit Mugello Sejarah Indonesia