Sektor Pariwisata Ditarget Ciptakan Lapangan Kerja 4,4 Juta

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Rudi

31 Januari 2023 02:02 31 Jan 2023 02:02

Thumbnail Sektor Pariwisata Ditarget Ciptakan Lapangan Kerja 4,4 Juta Watermark Ketik
Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke rumah adat Puri Melayu Sri Menanti di Tebing Tinggi, Sumatera Utara. (Istimewa)

KETIK, JAKARTA – Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) kini mulai pulih pasca pandemi Covid-19. Hal ini terlihat dari tingkat hunian kamar yang melonjak hingga 100 persen pasca dicabutnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) per Desember 2022.

Karena itu, pulihnya sektor pariwisata didorong dapat meningkatkan penciptaan lapangan kerja. Pada tahun 2024, Presiden Joko Widodo menargetkan penciptaan lapangan kerja baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tumbuh hingga 4,4 juta di tahun 2024.

Terkait itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno optimistis mampu mencapai target tersebut. Di antaranya dengan mengedepankan sejumlah program unggulan, seperti pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), desa wisata, dan desa kreatif.

Kejar Target Pariwisata, Pemerintah Tambah Penerbangan Internasional

“Target penciptaan lapangan kerja dengan beberapa program unggulan, seperti pemberdayaan UMKM dan desa wisata, dan desa kreatif, kita harapkan bisa tercapai target 2024 penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas,” kata Sandiaga saat konferensi pers usai rapat terbatas bersama Presiden di kantor Presiden Jakarta, Senin (30/1).

Selain itu, dalam rapat terbatas yang diikuti oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, pemerintah optimistis target peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2023 tercapai.

Karena itu, pihaknya mendorong jumlah penerbangan internasional juga akan ditingkatkan. “Juga tadi Bapak Presiden memberikan arahan, agar pembangunan di KEK (kawasan ekonomi khusus) pariwisata dipercepat sehingga terciptalah peluang usaha dan lapangan kerja,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut mantan wagub DKI Jakarta, pemerintah akan memberikan kemudahan penyelenggaraan berbagai kegiatan. Mulai dari MICE (meetings, incentives, conventions, and exhibitions), musik, hingga olahraga.

Semua itu diharapkan dapat mendorong peningkatan kunjungan wisatawan baik mancanegara dan wisatawan domestik. Terlebih target kunjungan wisata saat ini ditingkatkan sebanyak 7,4 juta untuk wisatawan mancanegara dan 1,4 miliar wisatawan nusantara. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

pariwisata targetkan 4 4 juta tenaga kerja