Semakin Dekat dengan Pelanggan, Grapari Telkomsel Malang Pindah ke Kayutangan Heritage

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

9 Januari 2024 07:23 9 Jan 2024 07:23

Thumbnail Semakin Dekat dengan Pelanggan, Grapari Telkomsel Malang Pindah ke Kayutangan Heritage Watermark Ketik
Pelayanan yang ada di Grapari Telkomsel Malang di Kayutangan Heritage. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Grapari Telkomsel Malang kini telah berpindah lokasi ke Kayutangan Heritage sejak Senin (8/1/2024) kemarin. Perpindahan tersebut guna lebih mendekatkan layanan kepada masyarakat dengan konsep yang lebih segar. 

Sebelumnya Pusat Grapari Malang terletak di Jalan Letjend S. Parman No.47 Purwantoro, Blimbing, Kota Malang. Manager Corporate Communications  Telkomsel Area Jawa Bali, Erwin Kusumawan menjelaskan konsep Grapari kali ini lebih menonjolkan kesan heritage. 

"Per Senin kemarin kami pindah ke sini dengan layanan yang sama tapi konsep Graparinya berbeda. Ini menyesuaikan dengan daerah, yaitu heritage," ujarnya pada Selasa (9/1/2024). 

Menurutnya, tempat baru ini membuat pelayanan yang diberikan semakin nyaman dan mengurangi sekat antara pelanggan dan para customer service (CS). Dengan demikian pelanggan dapat lebih mudah mengutarakan keluhan yang dihadapi. 

"Pelayanan yang kita berikan seperti ini, lebih cozy, personal. Tidak ada sekat-sekat formal, pelanggan bisa lebih mengutarakan uneg-uneg dan kendalanya apa," sebutnya. 

Kendati demikian pelanggan tetap diberikan batasan waktu sesuai dengan keluhannya. CS pun harus memiliki keterampilan dalam mengatur waktu tanpa menyinggung pelanggan. 

"Tetap dibatasi dengan timer pelayanan sesuai dengan casenya. Misalnya ganti kartu tidak boleh lebih dari 2-3 menit, harus sudah selesai. Tapi kalau pelanggannya sudah terlanjur nyaman, mereka (CS) harus punya ilmu untuk menyelesaikan obrolan itu dengan tidak menyinggung pelanggan," jelas Erwin. 

Grapari Telkomsel Malang sendiri memiliki sekitar 20 CS. Dari jumlah tersebut, enam orang di antaranya bekerja secara mobile untuk melakukan filter pelanggan sebelum diarahkan ke CS langsung. 

"Ada yang cegat di depan, ditanya butuh layanan apa. Kalau bisa diselesaikan di mesin, misalnya ganti kartu ya tidak diarahkan ke CS, langsung di mesin saja. Di sini kami filternya seperti itu," ungkapnya. 

Pelayanan dengan mesin My Grapari biasanya hanya memakan waktu sekitar 2 menit. Namun sering ditemukan beberapa kendala dari pelanggan yang menyebabkan layanan harus ditangani langsung oleh CS. 

"Di sini ada segala jenis pelayanan mulai dari Indihome, Kartu Halo, bisa ganti kartu, kartu keblokir, atau layanan tambahan seperti Sambungan Langsung Internasional (SLI) dan layanan lainnya," tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Grapari Telkomsel Grapari Telkomsel Malang telkomsel Kayutangan Heritage Layanan Telkomsel Customer Service CS Telkomsel