Semarak Festival Pempek dan Lomba Masak Serba Ikan di Kabupaten Banyuasin

Jurnalis: Bubun Kurniadi
Editor: M. Rifat

7 Maret 2024 11:00 7 Mar 2024 11:00

Thumbnail Semarak Festival Pempek dan Lomba Masak Serba Ikan di Kabupaten Banyuasin Watermark Ketik
Sekda Banyuasin Erwin Ibrahim bersama Pj Ketua TP-PKK Banyuasin Hj. Merry Hani di Festival Pempek dan lomba masak serba ikan melihat para peserta secara langsung (6/3/2024). (Foto: Humas Pemkab Banyuasin)

KETIK, PALEMBANG – Mewakili Penjabat Bupati Banyuasin H.Hani Syopiar Rustam, Sekda Banyuasin Erwin Ibrahim ersama Pj Ketua TP-PKK Banyuasin Hj. Merry Hani mengikuti Festival Pempek dan lomba masak serba ikan yang digelar Dinas Perikanan bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuasin di halaman Gedung Graha Sedulang Setudung, Rabu (6/3/2024).

Sekda Banyuasin Erwin Ibrahim mengatakan, lomba kali ini merupakan rangkaian Kegiatan dimaksudkan dalam rangka untuk mendorong ibu-ibu PKK menciptakan menu olahan ikan yang variatif, untuk mendukung Gerakan memasyarakatkan makan ikan.

"Sebab produk olahan makanan kuliner ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan dapat membantu menurunkan angka Stunting," ujarnya

Erwin juga menjelaskan dalam lomba ini ditampilkan berbagai macam menu olahan serba ikan. Hal ini dimaksudkan untuk membangkitkan kreatifitas dalam pengolahan makanan ikan sehingga menghasilkan diversifikasi olahan yang diharapkan dapat meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat, khususnya ikan potensi/unggulan daerah yang banyak terdapat di Kabupaten Banyuasin.

“Ikan memiliki protein yang tinggi dan baik untuk nutrisi gizi bagi kita dan anak anak kita karena itu mulai sedini mungkin kita membiasakan anak anak kita makan makanan bergizi seperti ikan air tawar ataupun ikan air laut” jelasnya.

Sementara itu Pj Ketua TP-PKK Banyuasin Hj. Merry Hani mengatakan melalui program "Gemar Ikan" juga dilakukan Kegiatan Festival Pempek dan lomba Masak Serba Ikan yang diikuti oleh Tim Penggerak PKK di 21 Kecamatan yang ada di Kabupaten Banyuasin. 

Foto Sekda Banyuasin Erwin Ibrahim, ST., MM., M.BA IPU ASEAN ENG Bersama Pj Ketua TP-PKK Banyuasin Hj. Merry Hani poto bersama para pemenang, Festival Pempek dan lomba masak serba ikanSekda Banyuasin Erwin Ibrahim bersama Pj Ketua TP-PKK Banyuasin Hj. Merry Hani poto bersama para pemenang, Festival Pempek dan lomba masak serba ikan (Foto: Humas Pemkab Banyuasin)

Ibu-ibu Penggerak PKK berperan penting dalam memasyarakatkan nilai lebih dari konsumsi ikan melalui sosialisasi keutamaan nilai gizi yang terkandung dalam daging ikan dan diversifikasi produk olahan berbahan ikan kepada masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga.

“Gemar makan ikan harus dibiasakan sejak kecil, karena banyak sekali keuntungan dengan kita mengkonsumsi ikan, diantaranya stamina akan selalu terjaga dan semangat kerja akan selalu prima”, ungkapnya.

Pj Ketua TP-PKK Banyuasin Merry Hani terlihat apik dalam berjalan cat walk Bersama Bujang Gedis Banyuasin dalam memperagakan Batik BAJUMPE khas Banyuasin.

“Ya hari ini kita telah melaunching Batik BAJUMPE (Batik Jumputan Pedade) yang akan di nobatkan menjadi Salah Satu Batik Khas Banyuasin. Batik ini di desain oleh orang asli banyuasin dan telah di produksi oleh pembatik asli Banyuasin."tutupnya.(*)

Tags:

Pemkab Banyuasin banyuasin Kuliner Masak serba ikan festival pempek