Semarak Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di Florida AS

Jurnalis: Maria Winchester
Editor: Mustopa

23 Agustus 2023 09:32 23 Agt 2023 09:32

Thumbnail Semarak Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di Florida AS Watermark Ketik
Masyarakat Orlando dengan KJRI Houston Bapak Omar Siregar dan Ibu Eurika Siregar

KETIK, SURABAYA – Perayaan kemerdekaan Republik Indonesia diselenggarakan di Florida, Amerika Serikat, tepatnya di dua kota yakni Orlando dan Miami. Banyak masyarakat Indonesia baik yang sudah menjadi warga negara Amerika Serikat atau pun masih menjadi warga negara Indonesia semangat merayakan dengan memakai pakaian daerah, batik, atau pakaian dengan nuansa merah putih. 

Acara pun diwarnai dengan beragam permainan, tari-tarian tradisional Indonesia, lagu-lagu Indonesia dan masih banyak lagi. Bendera Indonesia berkibar di perayaan ini ditemani dengan bendera Amerika Serikat.

​Masyarakat Indonesia di Orlando merayakan hari kemerdekaan yang berjudul Semarak Nusantara pada tanggal 19 Agustus di gedung pusat kota Clermont pukul 16.00 sore waktu Amerika. Perayaan kemerdekaan di Orlando diadakan oleh lima wanita Indonesia dengan beberapa masyarakat Indonesia yang membantu mereka.

Win Collins, Rebecca Bonnejonne, Olga Summers, Yuni Rucki, dan Elisa Pulukadang merencanakan perayaan ini sejak awal tahun 2023. Mereka melibatkan beberapa grup Indonesia lainnya untuk berpartisipasi dalam Semarak Nusantara ini. 

Grup-grup tersebut seperti Indonesian Cultural Group (ICG) dengan ketuanya Olga Summers, Kawanua Indonesia-Florida (Kain Florida) dengan koordinator Anastasia Taroreh, dan Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan) dengan ketuanya Joice Saerang dan pelatih Charles Tumetel. 

Selain itu Voice of Indonesian in Florida (VIDA Florida) dengan ketuanya Edo Christianto dan Horas juga bergabung di acara ini. ICG mempersembahkan beberapa tari-tarian tradisional Indonesia seperti tarian Rejang Renteng dari Bali, dan tari Selayang Pandang dari Sumatera.

Kain Florida juga memeriahkan acara dengan tarian sambutan yang anggota-anggotanya berpakaian batik dengan nuansa merah putih serta melambaikan kipas merah dan selendang merah. Kain Florida juga mempersembahkan beberapa lagu-lagu daerah seperti O Ina Ni Keke, Esa Mokan, dan Siapa Suru Datang Jakarta. 

Pinkan memainkan kolintang mereka dengan lagu-lagu daerah yang membuat para pengunjung bergabung bernyanyi dan menari.

Lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Tabitha Ortiz dan lagu kebangsaan Amerika Serikat dinyanyikan oleh Lia Butler. VIDA Florida memainkan angklung mereka dan menampilkan lagu-lagu Indonesia yang terkini.

​Acara Semarak Nusantara dimulai dengan beberapa color guards yang melambaikan bendera-bendera yang berwarna warni, diikuti oleh bendera Indonesia dan bendera Amerika Serikat untuk memulai Semarak Nusantara.

Semarak Nusantara juga dikunjungi oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia Houston (KJRI), Omar Siregar dan istrinya, Eurika Siregar. Mereka berkunjung ke Florida untuk memeriahkan acara kemerdekaan Indonesia meskipun dengan jadwal yang padat dan ketat. 

Omar Siregar dan istri merayakan hari kemerdekaan Indonesia tepat tanggal 17 Agustus dengan masyarakat Indonesia di Houston. Setelah itu mereka terbang ke Washington DC untuk pertemuan resmi dengan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat. 

Foto Masyarakat Indonesia di MiamiMasyarakat Indonesia di Miami

Setelah itu, Omar Siregar dan istri terbang ke Florida untuk memeriahkan Semarak Nusantara. Omar Siregar dalam pidatonya sangat terkesan dengan masyarakat Indonesia di Florida yang datang dari berbagai macam kota seperti Miami, Jacksonville Tampa, dan lainnya yang sangat kompak dan semangat merayakan kemerdekaan Indonesia. 

Omar Siregar juga sangat kagum dengan dipertemukannya generasi muda Indonesia yang sangat berminat dengan bidang teknologi, angkasa luar, dan teknik rekayasa. Ia juga berharap beberapa masyarakat Indonesia dari 50 negara bagian dapat membuat suatu lukisan besar yang bertemakan negara bagian masing-masing yang akan dipasang di KJRI Houston.

Sementara Eurika Siregar menambahkan informasi tentang tema lukisan besar ini dengan menggambarkan berbagai macam masyarakat Indonesia yang mempromosikan budaya Indonesia. Dengan dibuatnya lukisan besar “mural” di KJRI Houston, ia berharap dapat menunjukan kekompakan dan prestasi masyarakat Indonesia di seluruh Amerika Serikat yang giat dan semangat mempromosikan budaya Indonesia.

​Perayaan kemerdekaan Indonesia yang ke-78 ini juga dirayakan di salah satu taman di Miami oleh masyarakat Indonesia di Miami dan masyarakat Indonesia dari kota-kota terdekat dengan permainan-permainan tradisional kemerdekaan Indonesia seperti lomba karung, lomba makan cabai, lomba kelereng, dan lain-lain.

Mereka juga dengan semangat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia dengan lantang dan kompak. Beberapa panitia perayaan kemerdekaan di Miami ini seperti Roslawati Husaen, Edi Mulyanto, Lila Bennett, Marga Tirtarahardja, Donovan Ridwan, Amanda Baumal, Deras Markson, Farida Hussain, dan Desi Delia membuat acara ini untuk masyarakat Indonesia yang tidak bisa hadir di acara perayaan kemerdekaan di Orlando. 

Masakan-masakan Indonesia dihadirkan sebagai jamuan para pengunjung dan peserta acara. Makanan seperti rendang, opor ayam, ayam goreng, gulai singkong, mie goreng, sambal ijo, dan lain sebagainya. 

Roslawati Husaen berharap dengan adanya acara-acara Indonesia di Amerika Serikat dapat menambah keharmonisan, solidaritas, dan kerukunan antar sesama masyarakat Indonesia di Amerika Serikat. Roslawati juga berharap dengan adanya acara-acara Indonesia ini dapat memperkuat rasa cinta pada tanah air.(*)
 

Tags:

Kemerdekaan Merdeka 17agustus HUTRI