Senggol Quartararo, Joan Mir Dihukum Long Lap Penalty

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Marno

26 Maret 2023 02:47 26 Mar 2023 02:47

Thumbnail Senggol Quartararo, Joan Mir Dihukum Long Lap Penalty Watermark Ketik
Joan Mir di paddock Repsol Honda. (Foto: Motorsport.com)

KETIK, JAKARTA – Pembalap Repsol Honda Joan Mir akan menjalani long lap penalty pada balapan utama MotoGP di Sirkuit Algarve, Portugal, Minggu malam nanti, 26 Maret 2023 (start 20.00 wib).

Pembalap asal Spanyol itu dihukum penalti setelah berbenturan dengan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) pada sesi Sprint Race, Sabtu malaml kemarin.

Dari benturan itu, Mir gagal melanjutkan lomba. Sedangkan Quartararo kehilangan posisi signifikan dan gagal mendapatkan poin karena finis di posisi 10. 

"Pada 25 Maret 2023, di sesi Sprint MotoGP dari Grande Premio Tissot de Portugal, pada Tikungan 13, Anda dinilai 'terlalu ambisius' dan menyebabkan kontak dengan pembalap #20 (Quartararo)," tulis tim pengawas balapan dalam surat pernyataan yang ditujukan untuk Joan Mir dilansir Crash.

Lebih lanjut, pengawas lomba menilai aksi tersebut mengganggu jalannya sesi balapan untuk banyak pembalap dan tim, serta dinilai menunjukkan "balapan yang tidak bertanggung jawab" dan membahayakan kompetitor lainnya.

Balapan perdana MotoGP 2023 di Portugal akhir pekan ini memang banyak terjadi insiden. Sebelumnya Pol Espargaro (GasGas Factory Racing Tech3) menderita cedera punggung, rahang dan paru-paru setelah jatuh pada sesi latihan bebas Jumat, (23/3).

Di sprint race kemarin, Enea Bastianini (Ducati Lenovo) juga terjatuh dan mengalami patah tulang belikat setelah terlempar dari kendaraannya.(*)

Tombol Google News

Tags:

MotoGP Joan Mir Sprint race penalty Portugal Motorsport