Serasa di Thailand, Menikmati Keindahan Pasar Apung Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

9 September 2023 13:12 9 Sep 2023 13:12

Thumbnail Serasa di Thailand, Menikmati Keindahan Pasar Apung Kota Batu Watermark Ketik
Suasana sore hari Pasar Pasar Apung Museum Angkut. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pasar Apung berada satu kawasan dengan Museum Angkut di jalan Terusan Sultan Agung Kota Batu. Namun, untuk masuk ke pasar apung pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis.

Pasar tradisional di atas air ini memberikan pengalaman seru buat pengunjung yang ingin berbelanja oleh-oleh selama di Museum Angkut. Serasa di Thailand, pengunjung juga bisa menaiki perahu berkeliling Pasar Apung.

Saat pertama kali memasuki tempat ini, pengunjung akan disuguhi dengan toko-toko yang berkonsep bangunan Nusantara. Seperti toko yang dirancang mirip rumah adat yang dibangun dengan kayu atau bambu dengan atap menggunakan jerami. 

Bagi pengunjung yang suka berfoto, tempat ini juga menarik. Karena tersedia spot foto rumah adat berbagai daerah di Indonesia yang yang juga berfungsi sebagai tempat istirahat.

"Pasar Apung ini lebih indah dinikmati ketika malam hari. Karena dihiasi dengan lampu lampu yang cantik," kata Indriana Novia, Public Relations Museum Angkut, Sabtu (9/9/2023).

Foto Pengunjung sedang menikmati berkeliling Pasar Apung Museum Angkut dengan menaiki perahu, Sabtu (9/9/2023). (Foto: Sholeh/ketik.co.id)Pengunjung sedang menikmati berkeliling Pasar Apung Museum Angkut dengan menaiki perahu, Sabtu (9/9/2023). (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

Menurut Indriana, saat ini ada 43 stand makanan dan oleh-oleh di Pasar Apung yang didominasi kuliner tradisional beberapa daerah di Indonesia. Seperti Rawon, Nasi Bebek Madura, Serabi Solo, Sate, Nasi uduk, dan kuliner nusantara lainnya. 

Minuman tradisional juga tersedia, seperti jamu, dawet dan wedang ronde. Pasar Apung juga menyediakan oleh-oleh baik souvenir dan pakaian.

"Setelah puas menikmati koleksi Museum Angkut, pengunjung langsung bisa menikmati kuliner di Pasar Apung sekaligus mencari buah tangan untuk dibawa pulang," tambahnya.

Selain pasar, pengunjung juga bisa mencoba wahana perahu yang mengelilingi sungai buatan. Hanya dengan Rp 20 ribu per orang, pengunjung bisa merasakan sensasi berbelanja di atas perahu karena banyak stand kuliner yang dilintasi perahu.

“Konsep nusantara ini untuk mengedukasi pengunjung bahwa Indonesia memiliki beraneka ragam rumah adat, makanan dan kerajinan,” ulas Indriana.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pasar Apung museum angkut Kota Batu