Sering Diabaikan, Inilah Fungsi Penting dari Tanda Segitiga di Ban Motor

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

19 Maret 2024 16:30 19 Mar 2024 16:30

Thumbnail Sering Diabaikan, Inilah Fungsi Penting dari Tanda Segitiga di Ban Motor Watermark Ketik
Tanda segitiga di ban motor. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Roda merupakan salah satu bagian penting dari motor yang berguna untuk menyalurkan tenaga mesin ke permukaan jalan. Namun tahukah anda jika pada bagian roda terdapat tanda segitiga kecil yang memiliki fungsi cukup penting. Tanda tersebut sering disebut TWI (Tread Wear Indicator) yang ada di dinding ban (sidewall).

Dikutip dari GridOto, Pemilik toko Surya Jaya Ban di Slipi Jakarta Barat, Wahyu mengatakan Tanda ini seringkali tidak diperhatikan oleh pengendara, padahal tanda segitiga tersebut bisa memudahkan dalam melakukan pengecekan ketebalan ban. Sebenarnya selain melihat alur dari ban, cara yang paling akurat untuk melakukan pengecekan ban adalah dengan melihat segitiga kecil tersebut.

"Tanda segitiga TWI ini berfungsi sebagai tanda batas aman ban, bahwa ban sudah aus jika sudah menyentuh tanda segi tiga tersebut," kata Wahyu.

Jika ditarik garis lurus dari tanda segitiga di sisi ban ke arah alur ban, akan terlihat semacam benjolan kecil di atasnya. Dan bila benjolan kecil tersebut sudah rata, tandanya ban motor sudah aus dan sudah harus dilakukan penggantian.

Oleh sebab itu, melihat fungsinya yang cukup penting pengendara harus rutin melakukan pengecekan. Pengecekan dapat dilakukan minimal 2 minggu sekali. 

"Jadi jangan nunggu alur bannya gundul baru diganti. Karena jika sudah licin ban sangat berbahaya jika digunakan," pungkasnya.(*)

Tags:

otomotif Motor Ban tanda segitiga ketebalan ban Keamanan