Sering Digunakan di Internet Apa Arti Kata Cringe? Berikut Penjelasannya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

23 April 2024 18:01 23 Apr 2024 18:01

Thumbnail Sering Digunakan di Internet Apa Arti Kata Cringe? Berikut Penjelasannya Watermark Ketik
Ilustrasi ekspresi cringe. (Foto: Freepik)

KETIK, JAKARTA – Semakin marak penggunaan media sosial di masyarakat membuat kita sering menemukan beragam kosa kata baru yang berseliweran di internet. Salah satu kata yang saat ini tengah marak digunakan adalah 'Cringe'.

Jika Anda mengikuti trennya, maka Anda akan melihat beberapa tren baru yang cukup menarik belakangan ini yakni tentang kata Cringe. Lalu apakah arti kata cringe yang sering digunakan oleh netizen tersebut?

Cringe sendiri sering kali digunakan untuk mendeskripsikan konten atau perilaku yang dianggap memalukan, canggung, atau tidak nyaman untuk ditonton.

Biasanya kata ini banyak digunakan oleh orang-orang yang merujuk pada postingan, video, atau komentar yang menimbulkan rasa malu atau membuat pemirsa merasa tidak nyaman, baik karena konten itu sendiri atau cara penyajiannya.

Kata cringe tidak terdaftar di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), namun beberapa kamus sudah memasukkan kata Cringe ke dalam daftar kata mereka. Misalnya dalam kamus Merriam-Webster.

Dalam kamus tersebut, Cringe sendiri berarti sangat memalukan, janggal, dan lainnya hingga membuat seseorang merasa ngeri.

Sementara menurut Kamus Cambridge, cringe diartikan sebagai merasa sangat malu, dan sering kali menunjukkannya melalui gerakan atau ekspresi fisik (Dalam hal ini terlihat bahwa dalam bahasa gaul apa itu cringe lebih merujuk pada perasaan jijik atau lebih ke arah geli).

Lalu kapan waktu yang tepat untuk menggunakan kata cringe? Kata ini bisa digunakan untuk mengomentari foto, video maupun konten yang dipandang aneh atau janggal.

Misalnya saja saat melihat video yang tampak dibuat-buat dengan ekspresi pemain yang berlebihan dan tidak sesuai. Video-video atau konten yang demikian, bisa Anda beri komentar Cringe.(*)

Tombol Google News

Tags:

KBBI kata Gaul Sosial Media internet Cringe Aneh Janggal