Sering Memangsa Ternak, Warga Tangkap Buaya Sepanjang 3 Meter

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

28 Februari 2024 09:40 28 Feb 2024 09:40

Thumbnail Sering Memangsa Ternak, Warga Tangkap Buaya Sepanjang 3 Meter Watermark Ketik
Ilustrasi buaya. (Foto: Pexels)

KETIK, ACEH TAMIANG – Warga di Kecamatan Banda Mulia, Kabupaten Aceh Tamiang dikejutkan dengan tertangkapnya seekor buaya sepanjang 3 meter. Penangkapan buaya ini diinisiasi oleh warga karena kerapkali memangsa hewan ternak. 

Datok Penghulu (Kades) Kampung Tanjung Keramat, Muhammad Jafar Siddik mengatakan buaya ini ditangkap di muara sungai dengan menggunakan jebakan.

"Jebakan dipasang warga di areal tambak dekat muara sungai tempat berkumpul ternak sapi dan kambing," katanya Rabu (28/2/2024).

Sebelum ditangkap, warga setempat dibuat geram karena sering kehilangan hewan ternak. Oleh sebab itu mereka pun berusaha menangkap buaya tersebut dengan menyebar perangkap tradisional di sejumlah titik di areal tambak. Buaya pun masuk perangkap pada Minggu 25 Februari 2024 pagi.

"Informasinya ada buaya masuk ke tambak. Satu ekor buaya masuk perangkap, lalu warga langsung mengikat kaki, mulut dan menutup matanya," tambahnya.

Kejadian ini bukan yang pertama kali. Buaya memang seringkali masuk ke area tambak warga dalam kurun waktu 2 bulan terakhir. Setelah ditangkap, buaya dievakuasi oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh untuk dibawa ke Taman Hutan Kota Langsa.

"Kami perkirakan banyak, karena buaya yang sering muncul ukurannya beda-beda, buaya kecil juga banyak," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

BKSDA Aceh Buaya hewan ternak warga penangkapan Aceh Tamiang balai konservasi sumber daya alam
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1