Serunya Wisata Batu Tubing, Susuri Sungai Sepanjang Dua Kilometer

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

8 Juni 2024 06:00 8 Jun 2024 06:00

Thumbnail Serunya Wisata Batu Tubing, Susuri Sungai Sepanjang Dua Kilometer Watermark Ketik
Wisatawan menikmati Batu Tubing di Sungai Gedang Kluthuk di Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Batu Tubing bisa menjadi alternatif bagi wisatawan yang ingin menikmati segarnya air sungai di Kota Batu Jawa Timur. Di Batu Tubing, wisatawan diajak menyusuri Sungai Gedang Kluthuk di Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Batu Tubing adalah arung sungai dengan menggunakan ban dalam mobil. Wisatawan bakal disuguhkan perjalanan menyusuri sungai Gedang Kluthuk selebar 4 meter dengan pemandangan sawah yang indah.

"Sebelum menikmati tubing, wisatawan wajib menggunakan peralatan di badan agar aman selama menyusuri sungai. Seperti helm dan jaket pelampung," Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Temas, Ilham Adilia, Jum'at (7/6/2024). 

Ilham memastikan bahwa rute susur sungai yang dilalui wisatawan tersebut amandan cocok untuk semua usia. Dikatakannya, pengelola rutin melakukan bersih bersih sungai Gedang Kluthuk. Hal itu untuk memastikan keamanan dan kenyamanan wisatawan. 

"Wisatawan akan menempuh jarak sejauh kurang lebih 2 kilometer, dengan estimasi waktu 1 hingga 1,5 jam. Perjalanan dimulai dari Dam Sungai Gedang Kluthuk dan berakhir di Temas Puthuk," jelasnya.

Menurutnya, Batu Tubing memang baru saja di buka bulan lalu. Namum, wisatawan yang menjajal Batu Tubing sudah cukup banyak bahkan hingga wisatawan mancanegara. 

“Harapannya, semakin banyak wisatawan yang datang sehingga roda perputaran ekonomi masyarakat bisa bertambah,” sambung Ilham.

Batu Tubing adalah wisata yang dikelola secara mandiri dengan memanfaatkan potensi alam yang ada. Sebagai upaya menggerakkan roda perekonomian warga sekitar Kelurahan Temas. Diharapkan, dengan adanya Batu Tubing, UMKM yang disuguhkan di sana juga akan semakin berkembang.

"Bagi yang penasaran ingin menjajalnya wisatawan cukup merogoh kocek sebesar Rp 50 ribu per orang. Kepuasan dan keamanan pengunjung adalah prioritas di tempat wisata Batu Tubing ini," tegasnya. (*)

 

 

 

Tags:

Kota Batu Batu Tubing Kelurahan Temas Susur Sungai Pokdarwis Kelurahan Temas