Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Americano dan Long Black

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Naufal Ardiansyah

31 Oktober 2023 22:12 31 Okt 2023 22:12

Thumbnail Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Americano dan Long Black Watermark Ketik
Kopi Americano. (Foto: Baking Ginger)

KETIK, JAKARTA – Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat digemari oleh masyarakat luas. Seperti akhir-akhir ini yang mulai banyak bermunculan tren minum kopi, mulai dari kopi hitam, kopi susu, kopi gula aren, dan banyak lagi. 

Setiap orang memiliki gaya, cara, dan menu favorit untuk menikmati secangkir kopi. Namun kebanyakan orang lebih mengenal kopi hitam. 

Di beberapa negara, kopi hitam masih menjadi favorit bagi pecinta kopi. Manfaat yang didapat juga beragam, seperti membantu menurunkan berat badan, membantu mencegah kanker, membersihkan perut, hingga meminimalisir risiko penyakit jantung. 

Kopi hitam memiliki bagian yang terbagi atas beberapa nama seperti Americano dan Long Black. Karena tampilannya yang mirip, kedua jenis kopi ini sering dianggap sama. Pada dasarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup spesifik. 

Simak ini perbedaan antara Americano dan Long Black. 

Seperti namanya, Americano merupakan jenis kopi yang berasal dari negara Amerika. Yang membedakan kopi ini dengan Long Black yakni dari cara penyajian. Americano dibuat dari kopi espresso single shot yang dicampur dengan air panas. 

Foto Varian kopi Long Black dengan berbagai macam base minuman (Foto: Cookamel)Varian kopi Long Black dengan berbagai macam base minuman (Foto: Cookamel)

Penggunaan air panas inilah yang membedakan Americano dengan Long Black. Umumnya kopi Americano disajikan dengan menggunakan 8 oz atau setara dengan 240 ml. Namun, takaran ini bisa saja berbeda di setiap coffee shop. 

Karena campuran espresso yang kemudian ditambahkan air panas setelahnya, menyebabkan Americano tidak meninggalkan krema (buih kopi) di permukaan kopi. 

Biasanya Americano disajikan dengan tambahan es yang memberikan kesan menyegarkan. 

Nah, untuk kopi tipe Long Black berasal dari Australia dan Selandia Baru. Berbeda dengan Americano, Long Black disajikan dengan menyiapkan air panas terlebih dahulu kemudian dituangkan espresso ke dalamnya, dimana cara penyajian ini mengikuti negara asalnya. 

Long Black identik dengan sisa krema yang masih ada di permukaan kopi, karena cara penyajiannya yang menuangkan air panas terlebih dahulu sebelum espresso. 

Ini yang menyebabkan Long Black berbeda dari Americano dan kopi hitam lainnya. 

Terlepas dari jenis dan cara penyajian yang berbeda, Americano dan Long Black tetap menjadi favorit bagi masing-masing penikmatnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kopi americano long black Minuman  perbedaan Americano dan Long Black