Setelah Pasar Wates, Pemkab Kediri Bakal Rehab Tiga Pasar Tradisional, Ini Lokasinya

Jurnalis: Isa Anshori
Editor: M. Rifat

1 Februari 2024 04:30 1 Feb 2024 04:30

Thumbnail Setelah Pasar Wates, Pemkab Kediri Bakal Rehab Tiga Pasar Tradisional, Ini Lokasinya Watermark Ketik
Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri Tutik Purwaningsih saat dikonfirmasi awak media di Pasar Wates (29/1/2024). (Foto: Isa/Ketik.co.id).

KETIK, KEDIRI – Pemerintah Kabupaten Kediri bakal melanjutkan revitalisasi sejumlah pasar tradisional agar lebih menarik. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan (Dosdag) Tutik Purwaningsih usai meresmikan Pasar Wates pada Senin (29/1/2024).

Dari catatan Disdag, ada tiga pasar tradisional dalam jangka dekat ini yang bakal direhab. Di antaranya adalah Pasar Ngadiluwih, Pasar Kandangan dan Pasar Gringing.

"Tiga pasar ini yang menjadi prioritas kita selanjutnya," ujar Tutik.

Tutik mengaku Pasar Ngadiluwih akan menjadi pasar tradisional kedua yang bakal direhab sesuai dengan konsep 'Kediri Berbudaya', tak lain adalah tag line Kabupaten Kediri. Saat ini pedagang di pasar Wates beberapa telah menempati tempat penampungan pedagang sementara (TPPS).

"Pasar Ngadiluwih sudah tahap appraisal, tahun 2025 mulai kita bangun," terangnya.

Sama seperti Pasar Wates, nantinya pasar lain akan memasukkan unsur budaya dan modern tanpa menghilangkan rasa tradisionalnya. Namun, ciri khas masing-masing pasar akan ditampilkan sesuai dengan lokasi pasar tersebut.

"Pasar Gringging itu belum menampilkan wajah khas kita, apalagi pasar itu dekat dengan Bandara Dhoho, harus bisa jadi daya tarik wisatawan," ungkapnya.

Sebelumnya, Pasar Wates yang terletak di Jalan Raya Tawang Wates ini telah diresmikan dan siap dibuka pada pertengahan Maret mendatang. Pasar pertama tematik ini mengusung konsep tradisional, budaya, dan modern di Kabupaten Kediri.

Unsur yang dimaksud seperti pedagang yang berjualan aneka makanan maupun barang tradisional. Kemudian ornamen budaya pada tiang bangunan, lampu penerangan jalan dengan ukiran batik serta fasilitas teknologi parkir digital serta kamera pengawas cctv yang tersebar di seluruh titik pasar.

Selain itu, di dalam kawasan Pasar Wates juga terdapat kantor pengawas, toilet, wastafel di beberapa titik, tempat sampah, playground untuk anak serta mushola.

"Ini adalah satu-satunya pasar dengan fasilitas yang lengkap di Kediri dan mungkin di Jatim pada taraf pasar ini juga masih pertama kali," ucap Tutik. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pasar Wates Pasar Ngadiluwih Pasar tradisional Kediri dinas perdagangan Kediri kediri Kabupaten Kediri
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1