Sidang Paripurna RAPBD 2024, Bupati Freddy Thie: Maksimalkan Layanan dan Dukung Pertumbuhan Ekonomi

Jurnalis: La Jen
Editor: Naufal Ardiansyah

21 Februari 2024 09:34 21 Feb 2024 09:34

Headline

Thumbnail Sidang Paripurna RAPBD 2024, Bupati Freddy Thie: Maksimalkan Layanan dan Dukung Pertumbuhan Ekonomi Watermark Ketik
Bupati Kaimana Freddy Thie saat merespons pandangan fraksi DPRD Kaimana terkait RAPBD 2024. (Foto: Humas Pemkab Kaimana)

KETIK, KAIMANA – Bupati Kabupaten Kaimana, Freddy Thie, menghadiri sidang paripurna dengan DPRD dan memberikan respons terhadap pandangan umum dari fraksi-fraksi dewan mengenai RAPBD Kabupaten Kaimana untuk tahun anggaran 2024, Selasa (20/2/2024). 

Dalam responsnya, Bupati Thie memberikan apresiasi kepada setiap fraksi yang telah menyampaikan pandangan mereka secara objektif tentang penyusunan RAPBD 2024.

Ia menekankan bahwa pemerintah daerah telah berupaya melakukan pengawasan terhadap tenaga pendidik dan kesehatan, sesuai dengan yang disoroti oleh fraksi demokrat. Langkah ini dilakukan melalui pembentukan koordinator wilayah di distrik berdasarkan Perbup No 13 Tahun 2022.

Bupati Thie optimis bahwa dengan adanya koordinator distrik, layanan pendidikan dan kesehatan di tahun 2024 akan berfungsi secara maksimal dan meningkatkan kualitas layanan tersebut.

Menanggapi tanggapan dari fraksi gerakan pembangunan rakyat mengenai alokasi anggaran untuk penyediaan air bersih, Bupati Thie menjelaskan bahwa pagu anggaran dalam RPJMD bersifat indikatif.

Penyesuaian dilakukan berdasarkan asumsi dan target kinerja yang dihasilkan dari evaluasi program tahun sebelumnya dan ketersediaan anggaran.

Bupati Thie juga menegaskan komitmen Pemda dalam menyediakan transportasi yang cepat dan murah dengan kapasitas yang lebih besar untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Hal ini ditunjukkan dengan alokasi anggaran subsidi sebesar 1,5 miliar untuk Batik Air pada tahun 2024.

Menanggapi sorotan Fraksi Golkar mengenai pariwisata, Bupati Thie menyampaikan bahwa target PAD bidang pariwisata pada APBD Kaimana 2024 adalah sebesar 652 juta.

Ia merinci sumber kontribusi tersebut, termasuk retribusi kunjungan wisata dan kapal wisata sebesar 200 juta, pajak wisma pariwisata sebesar 397 juta, dan pajak restoran serta sejenisnya sebesar 55 juta.

Dengan demikian, Bupati Thie menunjukkan komitmennya dalam merespons pandangan fraksi-fraksi dewan dan berupaya memaksimalkan layanan serta pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kaimana. (*)

Tags:

freddy thie Sidang RAPBD 2024 Pemkab Kaimana Bupati Kaimana Sidang Paripurna DPRD KAIMANA