Simak, Kunci Sukses Membangun Bisnis ala Raga Bhirhatihin Alfath 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Rudi

5 Februari 2023 02:52 5 Feb 2023 02:52

Thumbnail Simak, Kunci Sukses Membangun Bisnis ala Raga Bhirhatihin Alfath  Watermark Ketik
Potret Raga Bhirhatihin Alfath. (Foto: Instagram: raga.alfath) 

KETIK, SURABAYA – Memiliki bisnis yang bisa struggle di berbagai kondisi adalah impian. Jika dulunya punya pekerjaan tetap menjadi tujuan sebagian besar anak muda, kini tren tersebut sudah bergeser. 

Di era saat ini, banyak anak muda yang mulai berpikiran untuk membangun bisnisnya sendiri. Namun pada kenyataannya, hanya sedikit yang bisa merealisasikan bisnis tersebut untuk bisa berkembang. 

Raga Bhirhatihin Alfath (34) salah satunya. Pria asal Malang Jawa Timur tersebut kini menjadi seorang entrepreneur muda yang sukses di bidang IT. 

Raga yang awalnya bekerja kantoran selama tujuh tahun memilih resign dan membangun bisnis sendiri di tengah ketidakpastian akan berhasil atau tidak. 

“Memang yang namanya bisnis tidak selalu berhasil. Tapi kalau punya kemauan dan tekad kuat serta menjalankannya dengan totalitas, pasti akan menemukan jalannya nanti,” ungkap pria kelahiran Juni 1988 tersebut. 

Ia pun membagikan tips sukses menjadi entrepreneur di usia yang masih muda. Pertama, Raga menyebut soal passion. Merintis usaha yang didasarkan pada passion menurutnya akan lebih mudah dijalani. 

Kendati perjalanan bisnisnya tidak mudah karena pasti akan menemui pasang surut, namun berbisnis berdasarkan passion akan membuat si pebisnis tidak mudah menyerah. 

“Apa pun yang didasari passion akan terasa lebih mudah, meski nyatanya prosesnya tidak akan mudah. Kalau sudah passion bagaimana pun kondisinya akan dengan senang hati menjalani,” kata pemilik bisnis digital Aset.id ini. 

Karena passion, lanjutnya, juga akan membuat seorang pengusaha mengerjakan sesuatu dengan totalitas. Hal ini juga yang menunjang percepatan bisnis yang tengah dibangun. 

Foto Potret Raga Bhirhatihin Alfath. (Foto: Instagram: raga.alfath)Potret Raga Bhirhatihin Alfath. (Foto: Instagram: raga.alfath)

Kunci sukses merintis usaha yang kedua, Raga menjelaskan, adalah bagaimana bisa menjaga kepercayaan dari customer. Membangun usaha yang didasari dengan kepercayaan dari klien atau customer akan semakin cepat meningkat kapasitas bisnis. 

“Harus amanah dan bisa dipercaya. Kepercayaan dari klien ini sangat berguna untuk keberlangsungan bisnis selanjutnya. Bagaimana perkembangan dan ekspansi bisnis bisa dilakukan bergantung sangat besar pada kepercayaan klien,” paparnya. 

Selain itu, menurut Raga, untuk merintis bisnis supaya bisa berkembang pesat tidak boleh ragu dan dilakukan setengah-setengah. Berbisnis artinya berani mengambil risiko dan mau terjun sepenuhnya ke dalamnya. 

“Kalau mau sukses dalam membangun usaha harus total, tidak boleh setengah-setengah. Percuma nanti kalau setengahnya. Itu juga yang saya terapkan selama ini. Saya juga menanamkan dalam diri, tidak akan membangun bisnis lain sebelum bisnis pertama saya berkembang. Ini menghindari kita terlalu banyak membuka bisnis tapi tidak fokus,” pungkasnya. (*)

Tags:

Raga Bhirhatihin Aset.id enterpreneur Bisnis