Siti Kumawati, Winner Miss Hijab Jateng 2023 Bicara Pentingnya Literasi Digital

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

19 April 2024 01:03 19 Apr 2024 01:03

Thumbnail Siti Kumawati, Winner Miss Hijab Jateng 2023 Bicara Pentingnya Literasi Digital Watermark Ketik
Siti Kumawati, Winner Miss Hijab Jateng 2023 (Wandi Ruswannur/Ketik.co.id)

KETIK, GROBOGAN – Winner Miss Hijab Jateng 2023, Siti Kumawati (25), akrab dengan panggilan Kuma, perempuan cantik yang menempuh study S1 Pendidikan Matematika di Universitas Tidar dan PPG Prajabatan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta bicara mengenai pentingnya literasi digital bagi masyarakat.

Pemilik akun media sosial Instagram @kumazahra.02 mengatakan, bahwa literasi digital adalah kemampuan manusia dalam menggunakan teknologi dan memahami informasi secara bijaksana, memilah-milah fakta dari informasi, serta bertindak dengan etika dan tanggung jawab di dunia digital.

Dikatakannya, literasi digital menjadi kunci penting dalam era teknologi saat ini. Mengingat hal ini melibatkan kemampuan untuk menavigasi dunia digital dengan bijak, memilah informasi yang akurat, dan bertindak secara etis serta bertanggung jawab. 

"Dengan literasi digital, kita dapat berpikir kritis tentang dampak teknologi, menjaga keamanan data pribadi, dan mengambil langkah-langkah yang tepat dalam menghadapi tantangan digital yang terus berkembang serta dapat memaksimalkan penggunaannya dalam menunjang pengembangan minat bakat," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Ketik.co.id, Kamis (18/04/2024).

Sebagai guru dan master teacher di Ruang Guru, Kuma memiliki pandangan sebagai berikut:
1. Literasi digital membuka pintu bagi anak muda untuk menjadi inovator dan memperluas batasan pemikiran mereka dan menciptakan solusi-solusi yang kreatif untuk tantangan-tantangan masa depan.
2. Literasi digital dapat membantu memahami lebih dalam lanskap digital yang kompleks, menjelajahi beragam perspektif, dan menghasilkan pengetahuan yang mendalam tentang berbagai aspek kehidupan.
3. Anak muda akan memperoleh keterampilan praktis yang dibutuhkan dalam ekonomi digital yang semakin berkembang, sehingga mereka siap bersaing dan berkontribusi dalam pasar kerja global.
4. Membawa harapan munculnya generasi yang lebih sadar akan implikasi etis dan moral dari teknologi, sehingga mereka dapat menggunakan kekuatan digital dengan tanggung jawab dan integritas.
5. Anak muda dapat memperluas jaringan mereka dan berkolaborasi dengan individu dan komunitas di seluruh dunia, memfasilitasi pertukaran ide dan pengalaman yang berharga untuk memecahkan masalah-masalah kompleks secara bersama-sama.

Ia mengajak untuk menjadikan literasi digital sebagai tongkat pengembaraan dalam menjelajahi dunia maya yang tak terbatas. Menurutnya, dengan pengetahuan dan kebijaksanaan yang diperoleh, mari bisa menciptakan masa depan digital yang lebih cerdas, bertanggung jawab, dan penuh dengan inovasi yang menginspirasi. 

"Ayo kita bergandengan tangan, mengejar mimpi-mimpi besar, dan menjadi agen perubahan positif dalam dunia digital yang terus berkembang," tutup Kuma yang memiliki hobi menyanyi dan memasak.

Berikut deretan prestasi yang pernah diraih oleh Kuma, yaitu:
1. Juara 1 Olimpiade Sains Kabupaten Blora bidang Informatika 2017
2. Delegasi pertukaran pelajar SMN 2017
3. Juara Berbakat dan harapan 1 Mbak Duta Wisata Kabupaten Grobogan 2019
4. Mahasiswa Berprestasi Matematika Universitas Tidar 2020
5. Juara 1 Duta Genre Kabupaten Grobogan 2021
6. Best Photogenic Hijab Ambassador 2022
7. Juara 3 Desain Aplikasi Al-Qur’an 2022
8. Winner dan Best Photogenic Miss Hijab Jawa Tengah 2023

Adapun pengalaman organisasi, yaitu:
1. Ketua Osis I SMAN 1 Ngawen 2015/2016
2. Ketua Osis II SMAN 1 Ngawen 2016/2017
3. Ketua PPSDM HIMATIKA 2019
4. Staf PSDM Ar-Ribathul Musthafa 2019
5. Staf Kominfo BEM FKIP 2020
6. Bendahara I UKM IQSAN 2020
7. Kepala Bidang Kominfo BEM FKIP 2021
8. Wakil Ketua Umum UKM IQSAN 2021

Sementara pengalaman kerjanya, yaitu:
1. Master Teacher di Brain Academy Center Ruang Guru
2. Guru Matematika di Homeschooling Prima Gama Yogya

Tombol Google News

Tags:

Cantik mahasiswi Siti Kumawati Miss Hijab Jateng 2023 Kuma Literasi digital
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1