Siti Nur Azizah Ma'ruf Amin Jadi Ketum Persami 2022-2027 

Editor: Shinta Miranda

13 Oktober 2022 18:04 13 Okt 2022 18:04

Thumbnail Siti Nur Azizah Ma'ruf Amin Jadi Ketum Persami 2022-2027  Watermark Ketik
Nur Azizah usai terpilih menjadi Ketum Persami 2022-2027 memberikan buku kepada Nany Hadi Tjahyanto Ketua Pembina Ikawati ATR/BPN. (Foto: Dok. Ketik) 

KETIK, JAKARTA – Siti Nur Azizah Ma'ruf Amin resmi menjabat Ketua Umum Persami 2022-2027. Ia didapuk sebagai Ketum Perhimpunan Saudagar Muslimah Indonesia (Persami) dalam Musyawarah Nasional (Munas) ke-1 selama tiga hari, Selasa-Kamis (11-13/10/2022) di Jakarta. 

Putri keempat pasangan K.H. Ma'ruf Amin (Wakil Presiden RI) dan Alm Hj. Siti Churiyyah ini bertekad membawa Persami menciptakan muslimah yang unggul dalam sektor ekonomi. 

"Kita menempatkan saudagar muslimah sebagai sebuah dasar bagaimana membangun socio-entreptrepreneurship untuk menciptakan generasi muda yang tangguh dalam memperkuat ekonomi keluarga," kata Siti Nur, Kamis (13/10/2022). 

Kepada media ini, Siti Nur menjelaskan Perhimpunan Saudagar Muslimah Indonesia atau Persami hadir dengan spirit Go Halal Go Global. Slogan sekaligus visi tersebut digaungkan untuk mendukung upaya pemerintah menjadikan Indonesia sebagai pusat halal dan pusat ekonomi syariah di dunia. 

Upaya dan Langkan yang dilakukan di antaranya penguatan-penguatan terutama literasi halal bagi kaum muslimah. Kaum muslimah ini dinilai memiliki kekuatan sehingga kekuatan tersebut bisa digerakkan untuk memperkuat halal value chain (HVC). 

"Kita ingin memperkuat ekonomi ummat terutama dengan cara menggerakkan kaum muslimah," terangnya. 

Persami sedang menggencarkan program penguatan pasar halal melalui beberapa program. Yakni program Khadijah Fatimah Rindu 100 Pahala Sedunia. 

"Program pertama ini Khadijah. Halal di jaringan digital. Kami sedang menyiapkan dan hari ini kita akan soft launching halal market place kita namanya Khadijah," lanjutnya. 

Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan penguatan pasar halal dengan pasar ekspor tanaman hias ke Turki sebanyak 12 ribu. Persami sedang melakukan penguatan membantu networking pasar-pasar halal yang bisa memberikan peluang kepada UMKM muslimah. 

Siti Nur Azizah Ma'ruf Amin selaku Ketum Persami 2022-2027 telah membentuk pengurus di tingkat provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia. 

"Kami sudah memiliki 13 DPD di seluruh Indonesia dan luar negeri. (Luar negeri) ada 10. Delapan di Eropa, satu di Amerika, dan satu di Turki," ucapnya. (*)

Tags:

Persami Munas KH Maaruf Amin Siti Nur Azizah Siti Nur Azizah Ma'ruf Amin