SMK PGRI Ambon Ikut Meriahkan Pameran Motor Listrik di Maspion Square Surabaya

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: Mustopa

13 Juni 2024 14:07 13 Jun 2024 14:07

Thumbnail SMK PGRI Ambon Ikut Meriahkan Pameran Motor Listrik di Maspion Square Surabaya Watermark Ketik
Para siswa berlomba membuat video menarik di pameran motor listrik Maspion Square Surabaya (Foto: Fatimah/Ketik.co.id

KETIK, SURABAYA – Hari pertama pameran motor listrik sekaligus event back to school di Maspion Square Surabaya, Kamis (13/6/2024) berlangsung meriah dengan dihadiri sekitar 50 SMK se-Indonesia. 

Salah satu sekolah yang turut memeriahkan acara adalah SMK PGRI 1 Ambon. 

Eka Julius Satria, Guru ICT Multimedia juga Teknisi Komputer dan Jaringan SMK 1 PGRI Ambon mengungkapkan, sejak Rabu kemarin ia sudah tiba di Surabaya bersama muridnya untuk mengikuti kegiatan dari Maspion Square.

Kedatangannya jauh-jauh dari Ambon ini karena ia tertarik dengan pameran motor listrik yang dihadirkan Maspion Square. 

"Jadi di sana (Ambon) itu hampir seluruh kabupaten dan kota sudah ada jurusan-jurusan IT. Ada multimedia, TKJ, DKV, broadcasting, dan otomotif," ungkap Eka. 

Dengan hadir di pameran ini, ia bersama muridnya, Ramses, jurusan Multimedia ingin mempelajari dan menambah referensi-referensi motor listrik. 

Foto Eka Julius Satria di pameran motor listrik Maspion Square Surabaya (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)Eka Julius Satria di pameran motor listrik Maspion Square Surabaya (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)

Sehingga ke depannya ia berharap apa yang didapatkan dari pameran ini bisa dibawa ke Ambon dan dipelajari dengan baik oleh siswa. 

"Di sana itu sudah banyak motor listrik. Tapi produk dari SMK tidak kelihatan. Tenaga untuk belajar desain motor listrik juga belum ada, kurikulumnya belum ada. Jurusannya baru otomotif murni dan elektro murni," terangnya pada Ketik.co.id.

Ia mengatakan, anak-anak Ambon punya kapasitas dan kualitas untuk menciptakan teknologi seperti motor listrik. Namun seringkali tersendat biaya. 

"Karenanya beberapa SMK negeri, swasta maupun SLB di beberapa kabupaten/kota di Maluku memerlukan pelatihan-pelatihan untuk siswa dan gurunya," jelasnya. 

Foto Raihan, siswa SMK Telekomunikasi Darul Ulum Jombang saat berada di pameran listrik Maspion Square Surabaya (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)Raihan, siswa SMK Telekomunikasi Darul Ulum Jombang saat berada di pameran listrik Maspion Square Surabaya (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)

Tidak hanya Ambon, terlihat banyak sekolah lain yang turut hadir memeriahkan pameran.

Ada dari Surabaya, Ambon, Jombang, Trenggalek, Probolinggo, dan sekolah lainnya

Delapan murid dari SMK Telekomunikasi Darul Ulum Jombang misalnya. Mereka datang untuk belajar referensi-referensi motor listrik sekaligus ikut challenge lomba video dari Maspion IT. 

"Jadi kami belajar apa yang ada disini nanti dibawa ke sekolah biar teman-teman tahu," ungkap Raihan Rafif Rizqillah, siswa SMK Telkom Darul Ulum jurusan Multimedia. 

Perlu diketahui, event Maspion ini berlangsung hingga tanggal 23 Juni 2024. Para pengunjung bisa turut memeriahkan event ini sebab ada banyak agenda seru dan menarik lainnya.(*)

Tags:

Maspion Square Surabaya motor listrik SMK PGRI 1 Ambon