Soft Launching Mal Pelayanan Publik, Bupati Jember Berpesan Berikan Layanan Terbaik

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

6 November 2023 08:28 6 Nov 2023 08:28

Thumbnail Soft Launching Mal Pelayanan Publik, Bupati Jember Berpesan Berikan Layanan Terbaik Watermark Ketik
Bupati Jember Hendy Siswanto meninjau counter di Mal Pelayanan Publik, Senin (6/11/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Bupati Jember Hendy Siswanto mengharap komitmen dari seluruh instansi untuk Istiqomah dalam menjalankan Mal Pelayanan Publik (MPP). Bupati berpesan jangan sampai MPP dikelola alakadarnya.

Hal tersebut dikatakan Bupati saat soft launching Mal Pelayanan Publik Kabupaten Jember, yang berada di lingkungan kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) jalan Gajah mada, Kaliwates Senin (6/11/2023).

"Kita sebagai pelayan masyarakat harus benar-benar siap melayani masyarakat Jember yang datang ke Mal Pelayanan Publik ini sebaik-baiknya," tutur Bupati Jember dalam sambutannya.

Bupati menceritakan, permasalahan yang sering terjadi di beberapa tempat lain terkait MPP adalah hal teknis yang kemudian menjadi krusial. 

Seperti meninggalkan counter pelayanan saat jam kerja dengan berbagai alasan, diantaranya ditinggal makan atau sholat sehingga counter pelayanan kosong.

Karenanya Bupati berpesan dalam menempatkan orang-orangnya harus betul-betul yang kompeten dan berjiwa siap melayani. 

"Kalau bisa harus ada lebih dari satu petugas, laki-laki dan perempuan. Agar secara bergantian dapat menjaga counter pelayanan saat ibadah atau ditinggal makan," imbuh Hendy.

Serta kepada masyarakat, saat datang ke MPP agar harus membawa kelengkapan dokumen-dokumen agar tidak perlu bolak-balik. Jajaran Camat yang hadir diminta mensosialisasikan kepada masyarakat perihal tersebut.

"Harus ada sosialisasi regulasi tentang syarat kelengkapan dokumen untuk mengurus apapun itu di pelayanan publik ini," papar Hendy.

Hendy menambahkan, selain pelayanan offline, pelayanan MPP juga dapat diakses melalui J-Kopi atau Jember Kota Pintar. 

Sementara, menurut Edi Priyanto, warga Kaliwates Jember yang mengurusi perizinan reklame, pelayanan menjadi lebih cepat. Sebelumnya, bisa berbulan-bulan untuk perizinan.

Saat soft launching, ia menerima perizinannya yang telah selesai yang mulai diurus sejak minggu lalu. "Ya lebih cepat lewat ini, kalau sebelumnya bisa lebih satu minggu," ungkapnya.

Dalam soft launching tersebut, ada 238 jenis layanan yang tersedia. Dengan melibatkan 20 instansi pemerintahan. MPP membuka pelayanan pada jam kerja Senin-Jumat pukul 08.00 hingga 15.00 sore.(*)

Tombol Google News

Tags:

mal pelayanan publik Pemkab Jember Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Jember Soft launching