Sofyan Nawir, Putra Bupati Pinrang Dua Periode Lolos Jadi Wajah Baru DPRD Pinrang

Jurnalis: Akbar AT
Editor: Muhammad Faizin

6 Maret 2024 20:40 6 Mar 2024 20:40

Thumbnail Sofyan Nawir, Putra Bupati Pinrang Dua Periode Lolos Jadi Wajah Baru DPRD Pinrang Watermark Ketik
H.Andi Sofyan Nawir, anggota DPRD Pinrang Terpilih dari Partai Nasdem. (Istimewa)

KETIK, PINRANG – Sejumlah wajah baru akan mengisi DPRD Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Salah satunya adalah H. A. Sofyan Nawir

Sofyan yang kini maju dari Partai Nasdem, kini berhasil lolos dengan maju dari Dapil I ( Kecamatan Watang Sawitto dan Tiroang) dengan nomor urut 7. 

Meski wajah baru di DPRD Kabupaten Pinrang, Sofyan bukan orang baru di dunia politik. Terlebih, pria kelahiraniL Pinrang ,31 Mei 1974 ini juga merupakan anak bupati Pinrang dua periode. 

Sebelum terjun ke politik praktis, Sofyan lama berkarir sebagai abdi negara, yakni ASN di Pemkab Pinrang. Hal itulah yang menurutnya menjadi modal pengalaman berharga sebagai politisi. 

"Saya sudah terbiasa bersama dengan masyarakat apa lagi saya ini pernah bertugas di masyarakat sebagai Camat Patampanua Kabupaten pinrang. Saya berkarir sebagai ASN selama 24 Tahun," ujar Sofyan. 

Sofyan mengaku, keputusannya maju menjadi caleg karena ingin terlibat secara langsung dalam memperjuangkan nasib rakyat dan membangun masyarakat di wilayah pemilihannya.

Hal itulah yang membuat dirinya mantap untuk memutuskan pensiun diri sebagai ASN dan terjun ke dunia politik. 

Kontestasi politik pertama kali ia jajal dengan maju pada momentum Pilkada Pinrang Tahun 2018 lalu. Namun, kala itu ia belum berhasil 

"Saya memutuskan mundur sebagai ASN karena maju sebagai Calon Wakil Bupati Pinrang. Namun takdir berkata lain. Tuhan belum mengizinkan," ujar Sofyan. 

Gagal di Pilkada 2018 tak menyurutkan semangat Sofyan. Ia maju sebagai caleg DPRD Kabupaten Pinrang pada Pemilu tahun 2019.

"Saat itu saya maju sebagai caleg DPRD Pinrang melalui Partai Gerindra. Namun, pada saat itu juga mungkin Tuhan juga belum mengizinkan," kenang Sofyan.

Barulah di Pemilu 2024 ini ia berhasil lolos. Keteguhannya dalam berpolitik tak lepas dari sosok sang ayah. 

"Saya banyak belajar dari sosok almarhum orang tua saya, Bapak Drs.H.A.Nawir Pasinringi.,M.P. Beliau petarung dengan pengalaman cukup luar biasa. Yakni sebagai bupati Pinrang selama Dua periode dari tahun1999 - 2009. Kemudian melanjutkan karirnya sebagai anggota DPRD Sulsel Tahun 2009 -2013," kenang Sofyan. 

Sang ayah juga sempat maju sebagai calon wakil gubernur Sulsel, kala itu berpasangan dengan (Alm) H.Andi Rudianto Asapa. Namun kalah dari pasangan Syahrul Yasin Limpo (mantan Mentan) sebagai petahana. 

"Kemudian beliau (A.Nawir Pasinringi) maju lagi bertarung sebagai calon anggota DPR RI dari Partai Gerindra Dapil Sulsel III berhasil meraih suara terbanyak dan lolos waktu itu. Dari pengalaman itulah yang memotivasi saya juga untuk terus berjuang dan tidak berputus asa mengabdikan diri bagi masyarakat Pinrang," papar Sofyan. 

Tujuan utamanya sebagai Calon Anggota DPRD Pinrang adalah agar dapat lebih maksimal dalam memperjuangkan aspirasi dan keinginan masyarakat di daerah pemilihan yang mencakup kecamatan watang Sawitto dan Tiroang. "Ada banyak cara untuk mengabdi kepada masyarakat salah satunya menjadi wakil mereka di DPRD," ucap Sofyan. 

"Saya ingin mengabdikan diri untuk menyuarakan hak rakyat serta sebagai jembatan untuk menyuarakan aspirasi masyarakat khususnya di Dapil Sawitto Tiroang" ujar Sofyan. 

Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 14 Februari 2024 kemarin, A Sofyan berhasil lolos sebagai calon anggota DPRD Kabupaten Pinrang setelah berhasil mendapatkan suara sebanyak 4214 berdasarkan Hasil rekapitulasi KPU pinrang pada Tanggal 1 Maret 2024.

"Saya juga ingin menyampaikan ucapan banyak terimakasih kepada masyarakat yang sudah memilih kami dan partai nasdem khususnya ,Amanah yang diberikan sebagai Anggota DPRD Kabupaten pinrang periode 2024 -2029 ini semua menjadi semangat Buat kami untuk mempertanggungjawabkan apa yang sudah diamanahkan oleh masyarakat kepada kami," pungkasnya. (*) 

Tags:

#Pemilu2024 #Nasdem #AnggotaDPRD #pinrang #SulawesiSelatan #SooyanNawir Nasdem Gerindra Andi Sofyan Nawir caleg DPRD Pinrang Bupati Pinrang anggota DPRD Pinrang Sulawesi Selatan pemilu2024