Songgoriti dan Jejak Pemukiman Pengrajin Logam Mataram Kuno

Jurnalis: Sholeh
Editor: Muhammad Faizin

13 Oktober 2023 23:00 13 Okt 2023 23:00

Thumbnail Songgoriti dan Jejak Pemukiman Pengrajin Logam Mataram Kuno Watermark Ketik
Candi Supo di Songgoriti Kota Batu. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Songgoriti yang saat ini menjadi salah satu kawasan wisata favorit di Kota Batu, siapa sangka dulunya adalah pusat pemukiman pande atau pengrajin logam dan senjata pada zaman Mataram kuno.

Dalam Buku Jejak Nama dan Tempat di Kota Batu yang diterbitkan oleh Kantor perpustakaan dan Kearsipan Pemkot Batu tahun 2022 ditulis Debora Sulistyo, S.pd MM menyebutkan, Songgoriti berasal dari dua kata yakni Sanggha berarti kumpulan dan Riti berarti logam Kuningan.

Sangghariti berarti kumpulan pengrajin kuningan. Ini kemungkinan besar memang karena Batu pernah dihadiahkan sebagai Desa Sima untuk para pande atau pengrajin logam atau senjata. Desa Sima adalah wilayah bebas pajak dan otonomi mengelola daerahnya sendiri.

"Sedangkan Songgoriti ada yang mengartikan menyangga gunung ada juga yang mengatakan Songgoriti berkaitan erat dengan candi Songgoriti atau Candi Supo," tulis Debora Sulistyo.

Candi Supo berdasarkan prasasti Sangguran merupakan hasil penetapan raja Mataram kuno Sri Maharaja Pangkaja Dyah Wawa tahun 924.

Foto Pasar wisata yang ada di Songgoriti. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)Pasar wisata yang ada di Songgoriti. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

Candi tersebut dipersembahkan sebagai petirtaan berair panas dan dingin diduga untuk upacara bersifat Siwais. Selain petirtaan candi tersebut digunakan juga untuk penyembuhan segala penyakit. Fungsi candi yang utama digunakan sebagai tempat peribadatan bagi para pembuat keris konon pada zaman Tumapel candi ini merupakan tempat bertemunya Ken Arok dan Ken Dedes saat Akuwu Tunggul Ametung masih ada.

"Dengan kata lain daerah ini adalah pusat pemukiman para pande dan diduga sebagai tempat yang disebut-sebut dalam prasasti Sangguran sebagai Mananjung lokasi ibadah para pande.Itulah cikal bakal batu dijadikan daerah Sima," terang Debora.

Konon menurut cerita rakyat di sekitar, di tempat Candi Supo tersebut dahulu kala adalah kawah gunung berapi ketika mpu supo datang mpu supo membangun sebuah candi di atasnya agar airnya tidak mengalir ke mana-mana.

Sumber lain justru mengatakan dulu airnya tidak panas karena mpu supo dan mpu mpu lainnya membuat keris sering mencelupkan keris keris di situ sehingga airnya menjadi panas.

Berikut fakta fakta keberadaan Candi Supo di Songgoriti,

- Candi Supo ditemukan pada zaman Kolonial Belanda,

- Candi digunakan sebagai bagian dari petirtaan

- Candi Supo dibangun pada masa Mataram kuno yang dipimpin Mpu Sindok

- Candi ini dipercaya sebagai tempat penyucian pusaka

- Sumber air yang keluar dari mata air Candi Supo dipercaya mampu sebagai obat segala penyakit kulit. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Songgoriti candi supo Mataram Kuno Desa Sima Tunggul Ametung Ken Arok Ken Dedes