Sosok Bari, Sukses Bawa Bapenda Menasional hingga Jadi Pj Sekda Kalbar, Tetap Santuy Makan di Kaki Lima

Oleh: Kiagus Firdaus

14 Maret 2024 14:30 14 Mar 2024 14:30

Headline

Thumbnail Sosok Bari, Sukses Bawa Bapenda Menasional hingga Jadi Pj Sekda Kalbar, Tetap Santuy Makan di Kaki Lima Watermark Ketik
Pj Sekda Kalbar Mohammad Bari bersama CEO Ketik.co.id Kiagus Firdaus dan Pemred Ketik.co.id saat makan Nasi Kapau Kramat Jaya Jakarta.

KETIK, JAKARTA – Nama Mohammad Bari semakin dikenal di Pemprov Kalimantan Barat (Kalbar) setelah sukses membawa Bapenda Kalbar masuk ranking 4 besar terbaik se-Indonesia. Dia Kepala Bapenda Kalbar yang sukses memecahkan rekor!

Prestasi itu salah satu yang mengantarkan dirinya dipilih menjadi Pj Sekdaprov Kalbar menggantikan Harisson yang kini menjabat sebagai Pj Gubernur Kalbar.

Tak hanya itu, M Bari merupakan ASN sukses dengan banyak prestasi saat kepemimpinan Sutarmidji (Gubernur Kalbar 2018-2023, dan Wali Kota Pontianak 2008-2018). 

Karena dianggap berprestasi dan visioner, M Bari terus digandeng oleh Sutarmidji hingga diajak membesarkan Bapenda Kalbar untuk menasional. 

Namun, siapa sangka. Tokoh yang kini menjadi orang nomor 3 di Kalbar ini memiliki kebiasaan dan hobi makan santai di warung kaki lima pinggir jalan. 

Tak disangka saat buka puasa kedua, pada Rabu (13/3/2024), ketik.co.id tak sengaja bertemu dengan sosok pejabat visioner tersebut di Jakarta. Ketika kami sedang mengulas ketik kuliner legendaris nusantara di Nasi Kapau di Jalan Kramat Jaya Jakarta. 

Ternyata orang yang ikut mengantre dan duduk berdesak-desakan di samping kita adalah orang nomor 3 di Kalbar. Saat itu dia keluar mencari buka puasa. 

"Memang saya suka dan hobi mengunjungi tempat-tempat kuliner legendaris. Hampir semua yang legendaris saya coba," kata Bari kepada Ketik.co.id. 

Setiap kunker atau tugas dinas, dia selalu menyempatkan untuk berkeliling hunting masakan legendaris di daerah tersebut. 

Kalau di Jakarta, selain Nasi Kapau, dia juga suka Seafood 212 Wiro Sableng Kelapa Gading, dan lain-lain. 

"Saya suka bubur ayam, gado-gado, mie rebus, sama masakan kampung. Itu saya suka banget," ucap pria lulusan Magister di Universitas Gajah Mada (UGM) itu. 

Pria asli Pontianak ini memang nyentrik dan unik. Tak seperti ASN pada umumnya. M Bari memiliki kebiasaan anti mainstream dan hobi bermain musik. Bahkan dalam suatu acara, dia satu grup bermain musik dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. 

"Memang hobi nyanyi, main musik. Dulu waktu saya SMA, pernah jadi band pembuka Dewa 19," kenangnya. 

Walaupun menjadi pejabat tinggi di Pemprov Kalimantan Barat, M Bari tetap merakyat. Dia suka melakukan pendekatan kepada masyarakat untuk masalah-masalah tertentu. 

"Bahkan kalau di kantor, saya itu suka menyapa siapa saja. Mulai dari temen-temen pejabat hingga temen-temen CS. Semua dirangkul. Kita harus membuat jiwa korsa kantor semakin hidup. Caranya, sentuh hatinya dulu," pungkasnya. (*)

Tags:

Pj Sekda Kalbar Muhammad Bari Bapenda Bapenda Kalbar