Sosok Bima Rafsanjani, Mahasiswa FISIP UB Terpilih Anggota DPRD Jatim Termuda

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Naufal Ardiansyah

6 April 2024 06:13 6 Apr 2024 06:13

Thumbnail Sosok Bima Rafsanjani, Mahasiswa FISIP UB Terpilih Anggota DPRD Jatim Termuda Watermark Ketik
Sosok Bima Rafsanjani, Mahasiswa FISIP UB Terpilih Anggota DPRD Jatim Termuda. (Foto: Humas FISIP UB)

KETIK, MALANG – Bima Rafsanjani merupakan Mahasiswa Departemen Sosiologi FISIP Universitas Brawijaya (UB) yang lolos maju sebagai anggota termuda DPRD Jawa Timur periode 2024-2029.

Meski baru berusia 21 tahun tak menyurutkan ambisinya untuk menyerap aspirasi masyarakat khususnya di Dapil 4 Jatim: Banyuwangi, Bondowoso, dan Situbondo.

Ia mengikuti jejak ayahnya, Ir Sumail Abdullah yang juga terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2024-2029. Bima diusung oleh partai Gerindra dan berhasil mendulang 78.656 suara.

“Saya melihat demokrasi di Indonesia sedang naik daun. Anak muda sekarang banyak yang ditarik untuk bisa jadi caleg. Apalagi ada bonus demografi sekarang karena 60 persen pemilih dari Gen Z dan milenial,” ujar Bima, Sabtu (6/4/2024).

Ia tak merasa puas jika hanya maju di tingkat kabupaten atau kota. Untuk itu ia menantang dirinya agar maju pada kontestasi DPRD Jatim dengan lingkup yang lebih luas. Terlebih ia telah mengantongi banyak dukungan dari masyarakat.

“Memang biasanya pemula kalau maju di tingkat kabupaten/kotadan jika terpilih hanya mewakili 2 atau 5 kecamatan saja. Saya berpikir kalau maju di tingkat provinsi akan bisa berbuat lebih banyak terutama di 3 kabupaten Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo,” lanjutnya.

Dalam prosesnya ia menerapkan ilmu yang telah dipelajari di Sosiologi. Mahasiswa angkatan 2020 itu menjelaskan bahwa Sosiologi mempelajari interaksi sosial dan kedekatan dengan masyarakat.

“Bagaimana caranya kita bisa menggaet kelompok masyarakat yang berbeda agama, keyakinan, kultur dan budaya, nah dari situlah ilmu atau rumus-rumus yang saya dapatkan selama berkuliah di Sosiologi UB ini,” sambung pria Banyuwangi.

Penting baginya untuk membangun investasi sosial di masyarakat, meskipun tak dapat dipungkiri ada modal lain yang ia keluarkan untuk maju dalam kontestasi Pemilu 2024 lalu.

“Investasi sosial paling penting, supaya kita bisa lebih dikenal dan bisa memberikan banyak sumbangan positif untuk masyarakat, terus masyarakat juga jadi bisa tahu kedepannya kita mau melakukan apa saja untuk kedepannya,” tutup Bima. (*)

Tombol Google News

Tags:

Anggota DPRD Jatim Termuda DPRD Jatim 2024-2029 Mahasiswa Brawijaya Universitas Brawijaya pemilu2024 Bima Rafsanjani
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1