Sumbang Dua Emas untuk Jatim di PON 2024, Mahasiswa Unesa Ini Rela Berlatih Hingga ke Tiongkok

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

19 September 2024 20:15 19 Sep 2024 20:15

Thumbnail Sumbang Dua Emas untuk Jatim di PON 2024, Mahasiswa Unesa Ini Rela Berlatih Hingga ke Tiongkok Watermark Ketik
Muhammad Amirullah Al Farizi, mahasiswa Unesa yang berhasil membawa pulang 2 emas di PON Aceh-Sumut. (Foto: Humas Unesa)

KETIK, SURABAYA – Salah satu mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berhasil mengharumkan nama Jawa Timur dalam gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024. Muhammad Amirullah Al Farizi asal Prodi S-1 Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) berhasil menyumbangkan dua medali emas sekaligus pada cabor selam (kolam dan laut).

Dua medali emas tersebut diraih pada nomor 100 m surface, dan nomor 200 m surface. Medali tersebut semakin memperkuat posisi Kontingen Jatim di papan tiga klasemen sementara PON XXI. 

"Sangat senang tentunya karena bisa mempersembahkan hasil terbaik untuk Jawa Timur. Saya bersyukur bisa ikut PON untuk pertama kalinya dan bisa membawa pulang emas," jelas Amirullah, Kamis 19 September 2024.

Lebih lanjut, dirinya bercerita jika dua medali emas PON yang diraihnya didapat dengan penuh perjuangan. Amirullah harus berlatih keras dan konsisten untuk meningkatkan kemampuan dan skillnya. 

Untuk memperoleh hasil terbaik dirinya sampai harus terbang ke Tiongkok untuk mengikuti training camp selama 6 minggu guna melatih kekuatan fisiknya.

"Persiapan intensifnya sejak tahun lalu dan melalui banyak seleksi agar bisa ikut PON. Ya, kalau mau hasil yang bagus, persiapannya harus matang dan bagus juga," tambahnya.

Atas prestasi tersebut Dekan FBS Unesa, Syafi'ul Anam yang juga hadir menyaksikan pertandingan mahasiswanya itu memberikan pujian atas perjuangan dan penampilan mahasiswanya di PON tersebut. 

Menurutnya, prestasi tersebut semakin mengokohkan keunggulan Unesa salah satunya di bidang olahraga. Artinya, atlet berbakat Unesa selain lahir dari Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, juga dari Fakultas Bahasa Seni (FBS), dan fakultas-fakultas lainnya selingkung Unesa. 

"Semoga, ini menjadi semangat kita bersama untuk terus meraih prestasi yang membanggakan almamater, daerah, dan tanah air," ungkapnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

PON Aceh-Sumut Muhammad Amirullah Al Farizi Unesa atlet latihan Cabor Renang Tiongkok Medali Emas