Syania Dewi, 2nd Winner Dream Inspiring Women 2024 Bicara Pentingnya Kesehatan Mental

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Mustopa

31 Maret 2024 21:06 31 Mar 2024 21:06

Thumbnail Syania Dewi, 2nd Winner Dream Inspiring Women 2024 Bicara Pentingnya Kesehatan Mental Watermark Ketik
Syania Dewi, 2nd Winner Dream Inspiring Women 2024 (Foto: Wandi Ruswannur/ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA –  Syania Dewi Kusmardianto (24), peraih 2nd Winner Dream Inspiring Women 2024 bicara pentingnya menjaga kesehatan mental.

Diketahui, Dream Inspiring Women 2024 adalah sebuah ajang pemilihan muslimah kreatif, berwawasan luas, dan memiliki kegiatan yang mampu menginspirasi banyak orang.

Pemilik akun media sosial Instagram @syaniadewi mengatakan, bahwa kesehatan mental sangat penting karena bagaimana berpikir, merasa, dan bertindak sehari-hari. Hal ini memengaruhi hubungan, kinerja, dan kesejahteraan secara keseluruhan.

"Khususnya untuk Gen Z, kesehatan mental dapat mempengaruhi usia produktif di mana kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan intelektual sangat mempengaruhi," katanya kepada media online nasional Ketik.co.id melalui pesan singkat WhatsApp, pada hari Minggu (31/03/2024).

Dikatakannya, gangguan mental dapat menghambat perkembangan manusia dalam hal pemahaman dan pengelolaan emosi, serta mempengaruhi kemampuan mereka dalam memecahkan masalah dan berpikir kritis. 

Selain itu, kesehatan mental yang buruk juga dapat menghalangi eksplorasi nilai-nilai spiritual dan pencarian makna hidup. Maka penting bagi generasi Z untuk mendapatkan dukungan dan perhatian yang cukup dalam menjaga kesehatan mental mereka agar dapat berkembang secara holistik," ujarnya.

Setelah dipercaya mendapatkan gelar juara 2 Dream Inspiring Women 2024, Mahasiswi Magister Profesi Psikologi ini berharap dapat menjadi manfaat dan mampu menginspirasi masyarakat luas untuk menebar kebaikan. 

"Terkhusus bagi saya yang berlatar belakang psikologi untuk lebih mempromosikan tentang pentingnya kesehatan mental dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari sejak dini," imbuh Syania yang hobi menulis, bermain musik, dan berolahraga.

Dirinya mengajak seluruh generasi muda untuk memanfaatkan kesempatan-kesempatan sekecil apapun dalam hidupnya untuk terus berbuat baik dan berdampak pada orang sekitar. Karena semua kebaikan dapat dimulai dari hal kecil dan akan membawa pada kebaikan yang besar. 

"Saya juga mengajak untuk belajar, berpartisipasi, serta meningkatkan kemampuan diri secara maksimal guna mencetak generasi yang luar biasa. Selain itu seperti yang sudah disampaikan, diharapkan generasi muda lebih concern dalam menjaga kesehatan mental diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya," tutupnya.

Berikut deretan prestasi dan pengalaman Syania, yaitu:
1. Mojang Motekar Kabupaten Bogor 2018
2. 2nd Runner Up Puteri Pemberdayaan Perempuan Indonesia (Duta Perlindungan Anak)
3. Top 5 Fully Funded Garuda Nusa Youth Action - Desa Terong, Belitung
4. 2nd Winner Dream Inspiring Women 2024
5. 2nd Winner National Debate Competition.(*)

Tags:

Syania Dewi 2nd Winner Dream Inspiring Women 2024 Psikologi Cantik mahasiswi kesehatan mental