Tak hanya untuk Tubuh, Ini Manfaat Susu untuk Kesehatan Kulit

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

16 September 2024 23:47 16 Sep 2024 23:47

Thumbnail Tak hanya untuk Tubuh, Ini Manfaat Susu untuk Kesehatan Kulit Watermark Ketik
Ilustrasi susu. (Foto: Freepik)

KETIK, SURABAYA – Susu sapi kaya akan vitamin dan mineral. Terutama kalsium, vitamin D, vitamin B12, fosfor, dan riboflavin. Nutrisi-nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Susu telah lama digunakan dalam perawatan kulit dan kecantikan karena kandungan nutrisinya yang kaya. Berikut adalah beberapa manfaat susu untuk kecantikan berdasarkan penelitian:

1. Melembapkan Kulit

Susu mengandung lemak dan protein yang membantu menjaga kelembapan kulit. Asam laktat dalam susu juga berfungsi sebagai humektan alami, yang berarti dapat menarik dan menjaga kelembapan pada kulit.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan asam laktat secara topikal dapat memperbaiki kelembapan kulit dan meningkatkan kehalusan kulit.

2. Eksfoliasi Kulit

Asam laktat, salah satu jenis alpha hydroxy acid (AHA), membantu pengelupasan sel kulit mati secara lembut.

Penelitian mendukung penggunaan asam laktat untuk mengatasi kulit kusam, noda hitam, dan tekstur kulit yang tidak merata.

Penggunaan rutin produk berbasis asam laktat dapat membantu mempercepat regenerasi kulit, membuatnya tampak lebih cerah.

Foto Susu yang cocok dinikmati dengan sereal. (Foto: Freepik)Susu yang cocok dinikmati dengan sereal. (Foto: Freepik)

3. Anti-Penuaan

Asam laktat dalam susu juga berperan dalam meningkatkan produksi kolagen, yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. Penelitian menunjukkan bahwa asam laktat dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan, serta merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

4. Mengurangi Iritasi dan Peradangan

Lemak dan protein susu dapat menenangkan kulit yang meradang dan iritasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mandi susu atau penggunaan masker susu dapat meredakan kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis.

5. Mencerahkan Kulit

Penggunaan susu secara topikal juga diketahui membantu mencerahkan kulit. Kandungan vitamin D, kalsium, dan vitamin B12 dalam susu dapat membantu memperbaiki warna kulit dan mengatasi hiperpigmentasi ringan.

6. Menenangkan Kulit Setelah Terbakar Matahari 

Susu dingin dapat membantu meredakan kulit yang terbakar matahari karena sifatnya yang menenangkan dan mendinginkan. Kandungan protein dan lemaknya juga membantu memperbaiki lapisan kulit yang rusak.

Dengan segala manfaatnya ini, susu telah menjadi bahan populer dalam berbagai produk perawatan kulit, seperti masker, pelembap, dan produk eksfoliasi.

Namun, disarankan untuk tetap berhati-hati dan melakukan uji coba terlebih dahulu, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. (*)

Tombol Google News

Tags:

Manfaat susu nutrisi susu susu untuk kulit manfaat susu untuk kulit susu sapi