Tangani Ribuan Pengaduan, OJK Regional Jatim Tingkatkan Literasi Keuangan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

22 Agustus 2023 06:17 22 Agt 2023 06:17

Thumbnail Tangani Ribuan Pengaduan, OJK Regional Jatim Tingkatkan Literasi Keuangan Watermark Ketik
Kepala OJK Regional 4 Jawa Timur, Giri Tribroto, (Foto: Dok. OJK )

KETIK, SURABAYA – Sepanjang Januari hingga 31 Juli 2023, Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 4 (OJK KR 4) telah menangani sebanyak 5.885 pengaduan konsumen terkait perbankan, pasar modal dan IKNB. Dari jumlah tersebut,sekitar 80,12 persen permasalahan dapat diselesaikan atas persetujuan konsumen.

Namun, melihat masih banyaknya pengaduan yang diterima, pihak OJK secara masif rutin menyelenggarakan program literasi dan inklusi keuangan untuk mendorong peningkatan literasi keuangan di masyarakat awam.

"OJK akan terus melakukan program literasi dan inklusi keuangan secara tatap muka (offline) maupun daring (online) melalui Learning Management System (LMS) dan media sosial," jelas Kepala OJK Regional 4 Jawa Timur, Giri Tribroto, Selasa (22/8/2023).

Hingga akhir Juli 2023, OJK KR 4 Jawa Timur telah melaksanakan 84 kegiatan edukasi keuangan yang menjangkau 14.341 orang peserta. Kegiatan ini dilaksanakan melalui berbagai saluran media komunikasi, salah satunya instagram. Konten yang dipublikasikan sebanyak 367 postingan dengan jumlah 114.160 viewers. 

"OJK KR 4 Jawa Timur telah meminta seluruh peserta edukasi maupun mahasiswa untuk menggunakan Learning Management System Edukasi Keuangan (LMSKU) dan mengakses modul-modul yang terdapat di dalamnya," tambahnya.

Diharapkan dengan edukasi yang dilakukan oleh OJK KR 4 secara masif, dapat meningkatkan pengetahuan dan edukasi bagi masyarakat terkait literasi keuangan. Sehingga semakin banyak masyarakat yang sadar terkait produk dari jasa keuangan, yang nantinya akan menggerakkan perekonomian.(*)

Tombol Google News

Tags:

OJK LITERASI KEUANGAN OJK Regional Jatim Giri Tribroto