Tekad Desa Sariharjo Sleman Melangkah Menjadi Kelurahan Inovatif

Jurnalis: Teguh Ariffianto
Editor: M. Rifat

26 April 2024 02:00 26 Apr 2024 02:00

Thumbnail Tekad Desa Sariharjo Sleman Melangkah Menjadi Kelurahan Inovatif Watermark Ketik
Salah satu UMKM yang berasal dari desa Sariharjo, Sleman, DIY (Foto: Teguh/Ketik.co.id)

KETIK, YOGYAKARTA – Kelurahan Sariharjo, Kapenewon Ngaglik, Kabupaten Sleman Yogyakarta tengah menorehkan babak baru dalam perjalanannya menuju kelurahan inovatif.

Didorong oleh semangat dan tekad kuat, para pemangku kepentingan di wilayah ini bersatu padu membangun paradigma baru dalam melayani masyarakat.

Menurut penuturan Sarbini, S. Sos selaku Lurah Sariharjo, dirinya menginstruksikan seluruh jajaran aparat dan staf yang bekerja di kelurahan Sariharjo untuk berkomitmen melakukan Transformasi Layanan Publik menjadi lebih baik dan memuaskan.

Kelurahan Sariharjo memfokuskan diri pada peningkatan kualitas layanan publik, diwujudkan melalui berbagai langkah strategis, antara lain melayani masyarakat dengan sikap dan cara pandang baru.

Di cara ini para aparatur kelurahan dilatih untuk bersikap ramah, sopan, dan proaktif dalam melayani masyarakat, Melayani dengan tulus terhadap kebutuhan masyarakat.

Petugas kelurahan juga didorong untuk memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat dengan sepenuh hati, mampu menerima pembaruan, selalu terbuka terhadap inovasi dan ide-ide baru untuk meningkatkan pelayanannya.

Foto Kalurahan inovatifKalurahan inovatif. (Foto: Teguh/Ketik.co.id)

Di sisi lain menurut Aris Mawardi, selaku pamong  Jaga baya (kepala seksi pemerintahan desa Sariharjo) menyampaikan bahwa inovasi yang dilakukan adalah dengan menciptakan iklim kerja dalam satu kesatuan tim.

Artinya seluruh aparatur kelurahan bekerja sama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama, menghargai individu, setiap individu dihargai dan diberikan kesempatan untuk berkontribusi, selalu berusaha membuat perencanaan dalam sebuah kegiatan atau program, sehingga pelaksanaannya bisa dikerjakan secara bertahap dan sistematis.

Sehingga semua kegiatan di Sariharjo dapat direncanakan dengan matang dan terukur.
inovasi lain yang telah dilakukan oleh Kalurahan Sariharjo menurut carik Kalurahan Sariharjo Galih Wicaksana, SH.,MH, menceritakan kisah inspiratif beberapa UMKM di Sariharjo yang telah berhasil mencapai kesuksesan.

Salah satunya adalah UMKM @klaaf yang rumah produksinya berada di Perum Lempongsari blok  A9  Sariharjo, Ngaglik Sleman yang bergerak di bidang kerajinan perlengkapan pakaian muslim atau prayer set fashion muslim.

Dengan mengikuti pelatihan dan pendampingan dari Sariharjo, UMKM ini berhasil meningkatkan kualitas produknya dan menjangkau pasar yang lebih luas.
Kalurahan Sariharjo juga memfokuskan diri pada pengembangan ruang publik dan pemberdayaan UMKM.

Ruang publik yang nyaman dan tertata rapi diharapkan dapat menjadi tempat berkumpul dan beraktivitas bagi masyarakat. Sementara itu, pemberdayaan UMKM diharapkan dapat meningkatkan perekonomian lokal dan membuka lapangan pekerjaan.

Untuk menyebarkan informasi dan layanan publik ini Kalurahan Sariharjo juga sudah melakukan inovasi dengan membuat berbagai berita tentang berbagai program dan kegiatan yang disajikan melalui website.

Sehingga informasi dapat diakses dan diketahui oleh masyarakat secara luas. Sariharjo merupakan contoh nyata kelurahan yang ingin berbenah diri dan menjadi lebih baik. Dengan paradigma baru dalam melayani masyarakat, pengembangan ruang publik, pemberdayaan UMKM, dan revitalisasi BUMDES, Sariharjo diharapkan dapat menjadi kelurahan yang inovatif, sejahtera, dan menjadi model bagi kelurahan-kelurahan lainnya di daerah kabupaten Sleman atau bahkan di Indonesia. (*)

Tombol Google News

Tags:

DESA Sariharjo Sleman Desa Inovatif