Tekan Harga Beras, Diskopindag Kota Malang Bakal Gencarkan Operasi Pasar

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Naufal Ardiansyah

16 September 2023 08:52 16 Sep 2023 08:52

Thumbnail Tekan Harga Beras, Diskopindag Kota Malang Bakal Gencarkan Operasi Pasar Watermark Ketik
Kepala Diskopindag Kota Malang Eko Sri Yuiadi ketika mengunjungi salah satu warung di pasar. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Harga beras yang semakin melambung, menjadi perhatian khusus Pemerintah Kota Malang. Guna menekan lonjakan harga beras, melalui Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang bakal menggencarkan operasi pasar.

Kepala Diskopindag Kota Malang, Eko Sri Yuiadi mengungkapkan operasi pasar akan dilakukan dengan menggandeng Bulog Malang. Rencana tersebut akan dilaksanakan mulai akhir bulan September, dan bulan Oktober di seluruh kecamatan Kota Malang.

"Melihat berasnya kan naik, yang beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) sudah jalan. Nanti dari Bulog juga akan kolaborasi untuk mengadakan operasi pasar. Rencananya akhir bulan ini operasi pasar, nanti juga akan kita gelar di kecamatan pada bulan Oktober," ungkap Eko, Sabtu (16/9/2023).

Diskopindag Kota Malang berencana menyediakan 5.000 paket beras berukuran 10 kilogram. Setiap orang nantinya hanya mendapatkan satu paket beras tanpa adanya persyaratan khusus.

"Targetnya nanti 5.000 paket, dengan ukuran beras 10 kg. Artinya ya ini untuk masyarakat umum dan satu orang mendapatkan satu paket. Tidak ada persyaratan, hanya perlu antre," lanjutnya.

Meskipun diperuntukkan bagi masyarakat umum, namun pihaknya juga akan memprioritaskan pendistribusian beras ke kelurahan. Khususnya bagi warga yang berada di pinggiran, maupun kalangan menengah ke bawah.

"Nanti kita akan kasihkan di kelurahan untuk warga yang ada dipinggiran. Tentu kita utamakan itu, dan datanya siapa saja yang tahu kan Pak Lurah dan Pak Camat," jelas Eko.

Pihaknya mengaku belum dapat memastikan kapan harga beras dapat kembali stabil. Kendati demikian Eko meyakini bahwa melalui operasi pasar dapat meringankan beban masyarakat. Tak hanya bulan September dan Oktober saja, operasi pasar akan terus berlanjut hingga Desember 2023 nanti.

"Turunnya harga beras tergantung dari supply barang, pasti kita akan turun tangan untuk mengatasi kenaikan harga beras. Saya tidak bisa memastikan kapan bisa normal tapi, operasi pasar akan dilakukan supaya menekan harga," paparnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Harga Beras Kota Malang Harga Beras Naik Diskopindag Kota Malang Operasi Pasar Stabilisasi Harga Beras Bulog Malang