Telah Zero Waste, Selecta Masih Sulit Tekan Sampah Pengunjung

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

10 Juli 2024 13:04 10 Jul 2024 13:04

Thumbnail Telah Zero Waste, Selecta Masih Sulit Tekan Sampah Pengunjung Watermark Ketik
Taman Rekreasi Selecta di Desa Tulungrejo kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Taman Rekreasi Selecta Kota Batu telah menerapkan zero waste atau bebas sampah. Namun, Taman rekreasi legendaris di Kota Batu itu belum bisa menekan produksi sampah yang dihasilkan pengunjung. 

"Limbah sampah di Selecta mencapai puluhan ton per bulan, sampah tersebut berupa sampah organik dan anorganik," urai Sujud Hariadi, Direktur PT Selecta, Rabu (10/7/2024).

Menurut Sujud, Sampah yang dihasilkan dari pengunjung destinasi wisata jumlahnya masih tetap tinggi. Sebagai wisata keluarga, pengunjung Selecta banyak yang membawa makanan dan minuman dari luar. Sehingga, produksi sampah pun tak bisa dihindari.

"Untuk ditekan dari produksi sampah (pengunjung) ini yang belum bisa. Jangankan menekan, untuk memilah di tempat sampah saja sulit dilakukan," tambahnya.

Lebih lanjut, Sujud menyampaikan, pemilahan sampah awal masih sulit diterapkan. Pemilahan awal yang dimaksud yakni memisahkan sampah organik dan anorganik di tempat pembuangan yang disediakan.

"Dari wisatawan seperti yang di taman dan samping kolam, mereka banyak yang seperti dulu, membawa bekal menggelar tikar dan makan bersama keluarga. Karena itulah salah satu yang menyebabkan volume banyak. Belum bisa dikurangi," jelas Sujud.

Untuk itu, proses reduce, reuse, dan recycle dilakukan pengelola setelah sampah dikumpulkan dari tempat wisata. Meski terkesan membutuhkan tenaga ekstra, Sujud memastikan proses tersebut akan tetap dilakukan berkelanjutan. 

"Minimal dari internal dapur kita, beberapa seperti restoran. Bisa kita pilah organik dan anorganik, agar lebih gampang," sambungnya.

Sebagai informasi, Taman Rekreasi Selecta menjadi satu satunya tempat wisata yang zero waste atau tempat wisata yang bebas sampah. Karena, setiap sampah yang dihasilkan dari aktivitas wisata telah diolah dan didaur ulang.

Hal itu ditandai dengan Peluncuran Wisata Selecta Bebas Sampah Pertama di Indonesia dan Edukasi Pengelolaan Sampah, Selasa (2/7/2024).

Hadir dalam peluncuran tersebut Hariyanto, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf RI, Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, OPD Pemkot Batu dan Jajaran Direksi PT Selecta. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Taman Rekreasi Selecta zero waste Bebas sampah wisata