Telkomsel Genjot Industri Digital Lewat Youtube Kampus Day di UMM

Jurnalis: Irwansyah
Editor: Naufal Ardiansyah

5 Juni 2024 11:21 5 Jun 2024 11:21

Thumbnail Telkomsel Genjot Industri Digital Lewat Youtube Kampus Day di UMM Watermark Ketik
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang mengikuti Youtube Kampus Day. (Foto: Telkomsel)

KETIK, MALANG – Telkomsel menggandeng pihak Youtube menggelar Youtube Kampus Day di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada Selasa (4/6/2024). Sebagai digital lifestyle enabler, Telkomsel membuka peluang dengan berbagai pihak untuk mendampingi kemajuan masyarakat khususnya di industri digital.

Pada acara yang diikuti oleh lebih dari 350 mahasiswa UMM tersebut, sejumlah narasumber hadir di antaranya adalah Civic Strategic Partner Manager Youtube Presthysa Lestari yang memberikan materi mengenai perkembangan YouTube, dampak positif yang dihadirkan, hingga kontribusinya bagi Pendapatan Domestik Bruto di Indonesia, yang memiliki jumlah penonton terbanyak di Asia Tenggara.
Selain itu, dua orang content creator yang juga merupakan alumni UMM, yaitu Wawa Yasaruna dan Hari Obbie Darmawan hadir untuk berbagi tips mengenai cara membuat konten yang menarik, mulai dari pra produksi yang mencakup riset dan dan rencana tayang, peralatan yang digunakan untuk mengambil konten, pascaproduksi seperti storyline, editing, hingga cara monetisasi konten dengan maksimal.
Para peserta mengikuti acara dengan penuh antusias dan tak segan mengajukan pertanyaan seputar pembuatan konten video. Para narasumber menyampaikan bahwa konsistensi adalah kunci untuk dapat mempertahankan eksistensi bagi seorang content creator, disamping juga perlunya memperhatikan frekuensi jumlah video yang tayang dan jenis konten yang ditampilkan.

Vice President Consumer Business Area Jawa Bali Telkomsel Mirza Budiwan menjelaskan, dengan mengambil peran yang proaktif dalam mendukung perkembangan YouTube di kampus Indonesia, Telkomsel memainkan peran yang penting dalam memfasilitasi akses pendidikan dan peluang bagi mahasiswa, serta memperkuat hubungan dengan komunitas pendidikan di seluruh negeri.

"Semoga melalui acara ini dapat mendorong para peserta untuk menjadi content creator yang berkualitas dan berkontribusi untuk kemajuan lebih lanjut dalam ekosistem kreatif Indonesia,” kata Mirza.

Ia menyebutkan kehadiran internet ibarat pisau bermata dua. Jika digunakan dengan tepat maka akan sangat bermanfaat.

"Seperti halnya konten YouTube yang dibuat oleh para content creator diharapkan tidak hanya memberikan hiburan semata, tetapi juga nilai edukasi bagi masyarakat," ujar Mirza. (*)

Tombol Google News

Tags:

telkomsel UMM Universitas Muhammadiyah Malang Youtube Youtube Kampus Day