Terbawa Arus Hingga ke Malaysia, Dua Nelayan Indonesia Akhirnya Dipulangkan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

27 Februari 2024 12:40 27 Feb 2024 12:40

Headline

Thumbnail Terbawa Arus Hingga ke Malaysia, Dua Nelayan Indonesia Akhirnya Dipulangkan Watermark Ketik
Ilustrasi kapal nelayan. (Foto: Dinas Kelautan dan Perikanan)

KETIK, ACEH UTARA – Dua nelayan Indonesia bernama Asnawi dan Zuhdi akhirnya berhasil dipulangkan ke tanah air setelah sebelumnya sempat hanyut terbawa arus hingga ke Malaysia. Pemulangan dua nelayan ini difasilitasi Konsulat Jenderal RI (KJRI) Penang.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (KKP) Aceh Aliman mengatakan saat pergi melaut kedua nelayan asal Aceh Utara ini mengalami kerusakan pada perahu mereka. Hingga akhirnya terbawa arus laut dan berhasil diselamatkan oleh Polis Marin Malaysia.

"Keduanya dipulangkan pada Minggu menggunakan penerbangan Lion Air (JT133) Rute Penang-Kualanamu dan telah tiba di Bandara Kualanamu Medan," katanya Selasa (27/2/2024).

Lebih lanjut, biaya kepulangan kedua nelayan ini ditanggung oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Provinsi Aceh. Sesampainya di Medan mereka disambut oleh Tim Stasiun Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Belawan.

"Setelah sampai di Medan, mereka melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus ke Aceh," tambahnya.

"Kita mengucapkan terima kasih atas dukungan advokasi dari semua pihak hingga akhirnya mereka bisa dipulangkan kembali ke kampung halaman," pungkasnya.(*)

Tags:

Nelayan hanyut Arus Laut berlayar malaysia Dinas Sosial Provinsi Aceh