Ternyata, Pemkab Nagan Raya Telah Usulkan Pembangunan Jembatan ke Kementerian PUPR

Editor: Cutbang Ampon

21 Juli 2024 12:26 21 Jul 2024 12:26

Thumbnail Ternyata, Pemkab Nagan Raya Telah Usulkan Pembangunan Jembatan ke Kementerian PUPR Watermark Ketik
Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas. (Foto: Cutbang Ampon/Ketik.co.id)

KETIK, NAGAN RAYA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya, Aceh, ternyata sudah mengusulkan pembangunan sejumlah jembatan dan jembatan gantung ke Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia.

Bukan tanpa alasan, pengusulan tersebut berdasarkan kondisi alam di Kabupaten Nagan Raya yang sering terjadi banjir luapan sungai, sehingga mengakibatkan sarana transportasi masyarakat terganggu.

Selain itu, pengusulan yang ditujukan ke Direktorat Jenderal Bina Marga itu juga disebabkan karena sebagian masyarakat Nagan Raya masih menggunakan rakit sebagai alat transportasi penyeberangan sungai.

"Iya benar, telah kita ajukan ke Pemerintah Pusat untuk pembangunan sejumlah jembatan dan jembatan gantung untuk peningkatan sarana akses transportasi," ujar Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, Minggu (21/7/2024).

Menurutnya, usulan pembangunan jembatan di sejumlah lokasi telah lama disampaikan, akan tetapi hingga saat ini Pemkab Nagan Raya masih menunggu realisasi dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR.

"Mudah-mudahan segera terealisasi untuk memudahkan akses masyarakat," katanya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas PUPR Nagan Raya Tamarlan. Disebutkan bahwa pembangunan jembatan dan jembatan gantung di sejumlah lokasi dalam Kabupaten Nagan Raya merupakan sektor penting yang diprioritaskan oleh masyarakat.

"Bila jembatan ini terbangun nantinya, maka akan sangat bernilai ekonomis bagi warga, karena selain sarana mempermudah akses lokasi juga mobilitas petani bisa membawa hasil panen dengan mudah," sebut Tamarlan.

Dijelaskannya, ada beberapa usulan yang telah disampaikan, yaitu jembatan gantung Blang Meurandeh di Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, jembatan gantung Blang Baro Rambong-Ujong Blang di Kecamatan Beutong dan jembatan gantung Blang Baro Rambong-Meunasah Dayah di Kecamatan Beutong.

Kemudian juga jembatan Gantung Blang Geudong-Blang Langou-Tuwi Meuleusong di Kecamatan Seunagan Timur, jembatan gantung Padang Panyang-Suak Labu (Padang Turi) di Kecamatan Kuala Pesisir, serta jembatan gantung Gunong Pungki-Alue Gani di Kecamatan Tadu Raya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Nagan Raya Aceh jembatan beutong Fitriany Farhas INFRASTRUKTUR pembangunan Kementerian PUPR