Tidak Hanya Nikmat, Kopi Miliki Segudang Manfaat untuk Jantung

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

18 Mei 2024 23:15 18 Mei 2024 23:15

Thumbnail Tidak Hanya Nikmat, Kopi Miliki Segudang Manfaat untuk Jantung Watermark Ketik
Ilustrasi kopi. (Foto: Pinterest)

KETIK, SURABAYA – Minum kopi sudah menjadi kebudayaan di Indonesia, saat ini kopi tidak hanya dinikmati oleh para orang tua, namun juga anak-anak muda, karena memiliki beragam variasi yang ditawarkan.

Kopi memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan jantung jika dikonsumsi dengan bijak dan dalam jumlah yang wajar.

Berikut beberapa manfaat kopi untuk jantung:

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi moderat (sekitar 1-3 cangkir per hari) dapat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Kandungan antioksidan dalam kopi, seperti polifenol, dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel.

2. Mengurangi Risiko Gagal Jantung

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Circulation: Heart Failure menemukan bahwa orang yang minum kopi dalam jumlah moderat memiliki risiko gagal jantung yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi sama sekali.

3. Meningkatkan Fungsi Pembuluh Darah

Kafein dalam kopi dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dengan meningkatkan produksi oksida nitrat, yang membantu memperlebar pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

4. Mengurangi Risiko Aritmia

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang tidak meningkatkan risiko aritmia (gangguan irama jantung) dan bahkan mungkin memiliki efek protektif terhadap jenis aritmia tertentu.

Namun, penting untuk diingat bahwa efek kopi bisa berbeda pada setiap orang dan konsumsi berlebihan dapat berdampak negatif.

Misalnya, konsumsi kafein yang terlalu tinggi dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan kecemasan, yang dapat berpengaruh buruk pada kesehatan jantung.

Sebagai kesimpulan, kopi dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung jika dikonsumsi dalam jumlah yang moderat. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk rekomendasi yang sesuai dengan kondisi kesehatan pribadi Anda. (*)

Tags:

Kopi manfaat kopi untuk jantung Antioksidan jantung kesehatan jantung Kafein manfaat kopi
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1