Tiga Megaproyek Flyover Sidoarjo Segera Rampung, Gus Muhdlor: Bisa Dicoba Dilewati Pengendara

Jurnalis: Fathur Roziq
Editor: M. Rifat

8 Desember 2023 03:38 8 Des 2023 03:38

Thumbnail Tiga Megaproyek Flyover Sidoarjo Segera Rampung, Gus Muhdlor: Bisa Dicoba Dilewati Pengendara Watermark Ketik
Megaproyek Flyover Djuanda tinggal menyisakan sedikit pekerjaan. Pertengahan Desember ini, jalan layang itu diujicoba secara fungsional dan bisa dilewati pengendara. (Foto: Dinas Kominfo)

KETIK, SIDOARJO – Proyek-proyek infrastruktur strategis segera rampung. Masyarakat pun bisa segera menikmatinya. Di antaranya, tiga megaproyek jalan layang (flyover) yang pengerjaannya hampir tuntas.

Tiga megaproyek infrastruktur itu ialah flyover pengganti Jalur Perlintasan Langsung (JPL) 64 Krian, pengganti JPL 79 Tarik, dan Flyover Djuanda yang sebelumnya bernama Flyover Aloha. Progres pengerjaan ketiganya hampir mencapai 100 persen.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengatakan, progres megaproyek flyover JPL 64 Krian dan proyek flyover JPL 79 Tarik telah mencapai 96 persen. Masing-masing sudah masuk tahap perampungan atau (finishing).

”Ditargetkan, akhir Desember keduanya rampung. Awal tahun 2024 sudah difungsikan,” kata Gus Muhdlor, sapaan Bupati Muhdlor.

Sementara itu, progress Flyover Djuanda telah mencapai 91 persen. Menurut rencana, pertengahan Desember 2023 ini, Flyover Djuanda akan diuji coba secara fungsional pada 15 Desember ini. Penyerahan pekerjaan direncanakan dilakukan pada April 2024.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (BM SDA) Kabupaten Sidoarjo Dwi Eko Saptono MT menjelaskan, tiga proyek flyover tersebut memang segera tuntas.

”Uji coba fungsional Flyover Djuanda dilakukan 15 Desember 2023 sehingga saat tahun baru. Flyover Djuanda bisa dilewati pengendara,” jelas Dwi.

Secara terpisah, Manajer Konstruksi Proyek Flyover Djuanda Aris Purwanto mengatakan, pengerjaan parapet atau pembatas flyover dengan ruas jalan tuntas. Pada Rabu (6/12/2023), bentang jalan dicor.

”Itu yang di flyover A atau jalur Sidoarjo ke Juanda,” katanya.

Jika pengecoran parapet tuntas, pengerjaan dilanjutkan dengan pengaspalan total. Saat ini, progress pengaspalan mencapai sekitar 25 persen.  Sekitar empat bentang dari 13 bentang. Sisanya akan dilanjutkan setelah pengecoran parapet rampung.

Bagaimana dengan yang flyover B atau jalur Juanda—Surabaya? Pengecoran seluruh parapet di bagian itu sudah selesai. Pengaspalan flyover B juga sudah rampung. Artinya, pengerjaan fisik tiga proyek dari Kementerian Pekerjaan Umum itu hanya menyisakan beberapa bagian di flyover A.

”Selebihnya adalah tahap finishing. Mulai pemasangan rambu dan sarana lainnya,” tambah Aris pada Rabu (5/12/2023). (*)

Tombol Google News

Tags:

Gus Muhdlor Flyover Djuanda Flyover Sidoarjo Flyover Krian Flyover Tarik