Tiga Rumah di Kampung Keramat Kota Malang Tertimpa Tanah Longsor

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

2 Januari 2024 10:35 2 Jan 2024 10:35

Thumbnail Tiga Rumah di Kampung Keramat Kota Malang Tertimpa Tanah Longsor Watermark Ketik
Tanah longsor yanh terjadi di Kampung Keramat, Kelurahan Kasin. (Foto: tangkapan layar X.com @bpbd_malangkota)

KETIK, MALANG – Bencana tanah longsor telah terjadi di Kampung Keramat, Kelurahan Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang pada Selasa (2/1/2023) sekitar pukul 12.00 WIB. 

Berdasarkan video yang beredar di media sosial, kejadian bermula dari adanya bangunan tembok besar di seberang sungai yang ambruk. Akibatnya tiga rumah warga yang berada di RT 07 RW 03 gang Makam atau Kampung Keramat, ambruk tertimpa tembok. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, Prayitno menjelaskan tidak ada korban dalam peristiwa tersebut. 

"Ada tiga kepala keluarga yang rumahnya tertimpa, tidak sampai memakan korban jiwa dan tidak ada yang terluka. Cuma tiga KK yang mengalami kerusakan di bagian kamar tidur dan dapur," ujar Prayitno usai meninjau lokasi kejadian. 

Diduga kejadian tersebut disebabkan oleh konstruksi bangunan tembok yang rapuh. Lokasinya yang berada di sempadan sungai pun menjadi penyebab ambruknya bagian rumah warga itu. 

"Penyebabnya konstruksi tembok yang rapuh, dan lokasinya di pinggir sungai seperti video yang beredar," imbuhnya. 

Para korban terdampak akhirnya mengungsi di rumah warga sekitar hingga dilakukan perbaikan pada esok harinya. Lokasi tersebut merupakan pemukiman warga yang dekat dengan aliran sungai. 

"Penanganannya tidak sampai evakuasi. Mereka mengungsi ke rumah sebelah sampai besok ada perbaikan. Itu memang daerah rawan, kalau sepandan sungai kan seperti itu. Pergerakan alam kan sulit diprediksi," tambah Prayitno. 

Prayitno mengimbau supaya warga dapat berhati-hati, terlebih saat ini Kota Malang memasuki musim penghujan. Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) juga tidak menyarankan adanya bangunan pada jarak 10-15 meter dari aliran sungai. 

"Kami tim mitigasi selalu sampaikan pada warga untuk berhati-hati dan waspada karena sepanjang sungai kan risikonya seperti itu. Jarak 10-15 meter kan tidak disarankan ada bangunan jika menurut BBWS," tutupnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

tanah longsor bencana alam Longsor Kota Malang Kota Malang bangunan ambruk BPBD Kota Malang