TikTok Bakal Buka Layanan Pesan Makanan di Indonesia

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

16 Juli 2024 07:51 16 Jul 2024 07:51

Thumbnail TikTok Bakal Buka Layanan Pesan Makanan di Indonesia Watermark Ketik
Aplikasi media sosial TikTok. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – TikTok terus memperluas layanan di wilayah Thailand dan Indonesia hingga memungkinkan pengguna memperoleh benefit dari restoran maupun penerbangan hingga hotel.

Mengutip South China Morning Post (SCMP), perusahaan asal China itu siap terjun ke sektor layanan lokal Asia Tenggara.

Dalam hal ini, pengguna di Indonesia dan Thailand akan memperoleh voucher untuk restoran, penerbangan, dan hotel melalui tautan di TikTok pada Selasa (16/7/2024).

“Pemilik restoran dan pedagang di Indonesia dan Thailand ditawarkan untuk bergabung dengan layanan lokal TikTok” tulis laporan media China 36Kr.

Sebuah sumber SCMP menyebutkan rencana pengembangan itu memungkinkan pengguna memesan tiket pesawat hingga hotel melalui layanan pihak ketiga.

Di sisi lain, di situs web rekrutmen resmi TikTok, ada hampir 30 lowongan terkait bisnis layanan lokalnya di Singapura, Jakarta, dan Bangkok.

Di Asia Tenggara, TikTok juga berencana untuk bekerja sama dengan operator layanan lokal on-demand seperti pesan antar makanan

Sejumlah restoran di Thailand dan Indonesia telah ditawarkan untuk bekerja sama dengan program Layanan Lokal TikTok.

Inisiatif terbaru TikTok di Asia Tenggara itu menunjukkan ByteDance gencar memperluas aliran pendapatan platform, setelah sebelumnya mengakuisisi Tokopedia.

Hal itu disebut mengikuti langkah aplikasi serupa di China, Douyin yang telah terjun ke layanan lokal on-demand dan belanja online.

Inisiatif terbaru TikTok di Asia Tenggara ini menunjukkan bagaimana induk perusahaannya, ByteDance, secara strategis memperluas aliran pendapatan platformnya. Di Indonesia, TikTok mengkuisisi Tokopedia senilai US$1,5 miliar.

Sebagai informasi, Indonesia adalah salah satu pasar paling awal dan sejauh ini yang terbesar bagi ambisi e-commerce ByteDance.

Namun persaingannya sangat ketat dengan e-commerce miliki SEA Group, Shopee dan e-commerce milik Alibaba Group yakni Lazada. (*)

Tombol Google News

Tags:

TikTok TikTok buka layanan SCMP China lokal asia tenggara