Tim Penilaian Lomba Administrasi LPMK DIY Sambangi Kalurahan Sinduharjo Sleman

Jurnalis: Abdul Aziz
Editor: M. Rifat

10 September 2024 20:05 10 Sep 2024 20:05

Thumbnail Tim Penilaian Lomba Administrasi LPMK DIY Sambangi Kalurahan Sinduharjo Sleman Watermark Ketik
Tarian tradisional mewarnai penyambutan rombongan Tim Juri Penilaian Lomba Administrasi LPMK tingkat DIY di Kalurahan Sinduharjo, Sleman, 9 September 2024. (Foto: Humas Pemkab Sleman)

KETIK, YOGYAKARTA – Tim Penilaian Lomba Administrasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan (LPMK) Tingkat DI Yogyakarta melakukan kunjungan ke Kantor Kalurahan Sinduharjo Ngaglik, Sleman.

Kehadiran rombongan Tim Juri Penilaian Lomba Administrasi LPMK tingkat DIY, Senin 9 September 2024 ini dipimpin langsung oleh Sekretaris DPM LPM DIY, Ariyadi Bowo Leksono.

Dalam kesempatan ini, Ketua Rombongan Tim Penilai Ariyadi Bowo Leksono menjelaskan pihaknya telah mengirimkan indikator penilaian lomba kepada peserta lomba yakni Kalurahan-Kalurahan terpilih.

Dengan kunjungan itu diharapkan dapat melihat langsung program kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan

Menurut Ariyadi, tujuan lomba ini diharapkan dapat meningkatkan semangat gotong royong seluruh warga masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan di Kalurahan.

Adapun ada 4 aspek yang akan dilihat dalam penilaian yakni aspek tata kelola kelembagaan LPMK, aspek pemberdayaan LPMK, aspek pendayagunaan LPMK, dan aspek inovasi program kegiatan.

Foto Bupati Sleman Kustini saat memberikan sambutan. (Foto: Humas Pemkab Sleman/Ketik.co.id)Bupati Sleman Kustini saat memberikan sambutan. (Foto: Humas Pemkab Sleman)

Ariyadi menjelaskan dalam Undang Undang Desa Pasal 94 dinyatakan bahwa dalam pelaksanaan program kegiatan yang bersumber dari pemerintah wajib memberdayakan dan mendayagunakan semua Lembaga Kemasyarakatan yang ada di Kalurahan.

Kunjungan lapangan diterima oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo. Menurutnya kehadiran tim penilai merupakan bentuk apresiasi bagi Pemkab Sleman. Sekaligus jadi motivasi dalam mewujudkan tertib administrasi di tingkat Kalurahan.

Ia berharap dengan lomba ini dapat mengukur sejauh mana implementasi kegiatan LPM di Kalurahan Sinduharjo khususnya.

Kustini berpesan Kalurahan Sinduharjo dapat menyelesaikan verifikasi lomba administrasi LPMK ini dengan baik. Menurutnya, setiap masukan dan evaluasi yang diberikan oleh tim penilai agar dapat segera ditindaklanjuti untuk peningkatan pemberdayaan masyarakat agar menjadi lebih baik.

Dengan adanya lomba ini ia berharap dapat mengukur sejauh mana implementasi kegiatan LPM di Sinduharjo.

Dengan demikian LPM dapat mengoptimalkan fungsinya sebagai penampung aspirasi masyarakat sehingga perencanaan dan pembangunan mengakomodir keinginan dan aspirasi masyarakat. (*)

Tombol Google News

Tags:

Lomba Administrasi LPMK DIY Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan LPMK Kalurahan Sinduharjo Pemkab Sleman LPM