Tim Pertamina Mandalika SAG Tiba-Tiba Hilang dari GP Moto2 2024

Jurnalis: Samsul HM
Editor: M. Rifat

7 Juli 2024 16:28 7 Jul 2024 16:28

Thumbnail Tim Pertamina Mandalika SAG Tiba-Tiba Hilang dari GP Moto2 2024 Watermark Ketik
Pembalap Moto2 Bo Bendsnyder saat masih mengenakan wearpack dan livery SAG Pertamina Mandalika Gas Up Racing Team yang kini ganti nama Preicanos Racing Team. (Foto: Motorsport)

KETIK, JAKARTA – Di tengah gelaran grand prix Moto3, Moto2, dan MotoGP 2024 memasuki seri kesembilan akhir pekan ini di GP Jerman ada kabar yang mengejutkan. Dilihat dari daftar resmi team and rider Moto2 pada situs resmi MotoGP, tak ada lagi nama tim SAG Pertamina Mandalika Gas Up Racing Team.

Kedua pembalap mereka yakni Bo Bendsnyder dan Jaume Masia pun sudah dipajang dengan dicantumkan sebagai pembalap dari tim Preicanos Racing Team di situs resmi MotoGP itu. Wearpack alias baju balap yang mereka kenakan juga berubah dengan dominasi warna kuning. Jauh berbeda dari sebelumnya yakni warna biru dengan balutan corak batik dan lambang perusahaan BUMN Indonesia Pertamina sebagai sponsor utama.

Sebelumnya tim Pertamina Mandalika Gas Up sudah ambil bagian di Moto2 sejak musim 2022 atau sejak GP Indonesia di sirkuit Mandalika diadakan kali pertama. Tim ini bukan tim sembarangan karena berinduk pada Team Stop and Go (SAG) milik Edu Perales. Skuad ini merupakan salah satu unggulan di Moto2 sejak 2010.

Dalam struktur tim, Edu Perales kini digantikan oleh Raul Castaneda. Raul selama ini dikenal sebagai mantan atlet tinju Spanyol yang kini merupakan CEO dan juga pendiri perusahaan Preico Juridicos. Perusahaan ini bergerak di bidang lembaga keuangan sampai bantuan hukum di Spanyol.

Foto Tampilan anyar Preicanos Racing Team di Moto2 2024 yang dulu Pertamina Mandalika SAG Racing Team. (Foto: Motorsport)Tampilan anyar Preicanos Racing Team di Moto2 2024 yang dulu Pertamina Mandalika SAG Racing Team. (Foto: Motorsport)

Mengutip dari situs Todocircuito, Preicanos Racing Team telah resmi mengambil alih Tim SAG Mandalika Racing Team Gas Up sejak GP Belanda Sirkuit Assen, Belanda pada 30 Juni lalu.

Sebelumnya, Pertamina Mandalika memang dirumorkan takkan lagi mendukung tim SAG sejak sesi pramusim. Ada dugaan jika bergantinya kepemilikan ini berkaitan dengan masalah ekonomi alias pencairan dana dari sponsor utama yang tidak lain adalah Pertamina.

"Semuanya menunjukkan proyek (pindah nama) tersebut adalah terkait pendanaan. Sponsor baru diyakini akan mampu membayar dan akan dapat mengambil alih sisa musim ini," tulis Todocircuito dalam laporan mereka. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pertamina SAG Racing Team Moto2 Mario Aji Preicanos Racing MotoGP Pertamina Mandalika Racing Team