Timnas U-23 Kalah Adu Penalti atas Vietnam di Final, STY: Wasit Memalukan!

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Marno

27 Agustus 2023 08:52 27 Agt 2023 08:52

Thumbnail Timnas U-23 Kalah Adu Penalti atas Vietnam di Final, STY: Wasit Memalukan! Watermark Ketik
Duel Indonesia vs Vietnam di Final Piala AFF U23 Sabtu, (26/8/2023). (Foto: PSSI)

KETIK, JAKARTA – Pelatih Timnas U-23 sepak bola Indonesia, Shin Tae-yong (STY) mengecam keras kepemimpinan wasit di final Piala AFF U-23 2023, Sabtu malam (26/8/2023).

Di final itu, Indonesia kalah dalam laga keras hujan kartu kuning yang diakhiri adu penalti. Vietnam akhirnya menang 5-6 lewat adu penalti setelah sepanjang babak normal  dan extra time kedua tim main imbang 0-0.

Final berlangsung di Rayong Provincial Stadium Thailand, Sabtu (26/8/2023) malam WIB.

Usai pertandingan STY mengucapkan selamat untuk Vietnam atas kemenangan dan menjadi juara Piala AFF U-23 2023. Dia juga mengapresiasi kerja keras tidak hanya bagi para pemain Timnas U-23 Indonesia tetapi juga buat pemain Timnas U-23 Vietnam.

Hanya, STY mengecam kepemimpinan wasit atas laga ini.

"Wasit memalukan," ucap pelatih asal Korea Selatan itu saat diwawancarai usai final.

Shin Tae-yong menyebut wasit seharusnya tidak menjadi 'game changer' atau sosok yang mengubah hasil pertandingan.

Ini karena wasit membuat sejumlah kontroversi di laga tersebut. termasuk keputusan offside terhadap Jeam Kelly Sroyer meski dalam tayangan ulang, pemain sayap Timnas U-23 Indonesia berada jauh di belakang pemain terakhir Vietnam.

Wasit juga tidak memberikan kartu kuning terhadap pemain Vietnam saat melakukan pelanggaran keras terhadap Haykal Alhafiz.

"Seperti saya bilang sebelumnya, buat apa tetap mempertahankan turnamen ini? Anda bisa lihat review pertandingan ini (soal keputusan kontroversi wasit) dan saya silakan Anda menilai sendiri," jelas STY.(*)

Tags:

Timnas vietnam AFF U23