Tips Membuat Kue Bawang Gunting yang Enak dan Renyah!

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

31 Maret 2024 05:22 31 Mar 2024 05:22

Thumbnail Tips Membuat Kue Bawang Gunting yang Enak dan Renyah! Watermark Ketik
Ilustrasi kue bawang gunting. (Foto: instagram.com/cookusandisini)

KETIK, JAKARTA – Kue bawang gunting merupakan salah satu kue yang menjadi favorit banyak orang. Kue ini biasanya disajikan dalam berbagai acara atau hanya sebagai teman saat sedang bersantai di rumah.

Selain enak, kue ini pun juga tergolong mudah untuk dibuat. Akan tetapi tetap diperlukan kejelian dan keterampilan untuk membuatnya, karena jika salah maka tekstur dari kue ini dapat menjadi keras.

Berikut ini kami berikan tips bagaimana cara membuat kue bawang gunting yang enak, renyah dan tidak keras.

1. Tambahkan tepung maizena

Saat membuat kue bawang gunting salah satu bahan yang tidak boleh terlupakan adalah tepung maizena. Tepung maizena memiliki sifat yang membuat tekstur kue menjadi lebih ringan dan tidak terlalu keras. dengan menambahkan campuran ini maka kue bawang gunting yang dibuat akan lebih lembut dan renyah.

2. Gunakan santan dan margarin secukupnya

Saat membuat kue ini pastikan kamu menambahkan santan dan margarin sesuai dengan takarannya. Penambahan santan akan membuat kuemu akan terasa lebih enak, sedangkan margarin akan memberikan tekstur yang lembut pada kue.

3. Uleni adonan dengan air sampai kalis

Saat mulai mengadon kue jangan lupa untuk memberikan sedikit air sebagai cairan pengikat. Setelah itu jangan lupa untuk menguleni kue hingga adonan menjadi kalis. Proses pengulenan yang baik akan membuat tekstur kue menjadi lebih lembut dan renyah. Jangan lupa untuk menggunakan air secukupnya agar kue tidak menjadi lembek.

4. Goreng kue dengan minyak panas

Saat mulai memasuki tahap penggorengan, pastikan minyak yang digoreng sudah panas, selain itu gunakan api sedang agar kue tidak gosong dan menjadi keras. Pastikan seluruh kue terendam dengan minyak agar menghasilkan tekstur yang renyah.

Goreng kue hingga berubah warna menjadi kekuningan Angkat kue bawang gunting dari minyak panas dan tiriskan sebentar sebelum disajikan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kuliner cemilan kue Bawang Gunting cara mmebuat renyah Enak
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1