Tips Menggaet Pembeli Melalui Jualan Kuliner Online Selama Ramadan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

2 April 2024 18:00 2 Apr 2024 18:00

Thumbnail Tips Menggaet Pembeli Melalui Jualan Kuliner Online Selama Ramadan Watermark Ketik
Ilustrasi jualan online. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Di era modern saat ini berjualan secara online makin diminati para pelaku UMKM. Hal ini lantaran berjualan online menawarkan beragam kemudahan dan lebih hemat karena penjual tidak perlu menyediakan toko yang akan memperbesar biaya operasional.

Apalagi di momen Ramadan seperti saat ini, banyak pedagang yang meraup untung berlipat dikarenakan konsumsi masyarakat yang kian meningkat. Salah satu jualan yang cocok di bulan Ramadan adalah berjualan produk kuliner, baik itu makanan berat, cemilan, jajanan hingga oleh-oleh.

Itu karena di bulan Ramadan banyak masyarakat mencari beragam olahan kuliner untuk dijadikan sebagai menu berbuka puasa atau sahur.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk melariskam dagangan kuliner anda selama bulan Ramadan.

1. Berjualan di waktu favorit selama Ramadan

Pemilihan waktu untuk berjualan online memegang peranan penting agar jualan bisa laris manis diborong pembeli. Pertama, pukul 16.00 - 19.00, pelanggan mulai berselancar di platform online untuk mencari menu buka puasa dan melakukan transaksi.

Kedua, pada waktu sahur pukul 02.00 - 04.00. Tak banyak pelaku usaha kuliner yang membuka resto 24 jam, maka membuka resto di waktu sahur dapat menjadi kesempatan bagi pelaku usaha kuliner untuk meningkatkan omzet.

2. Jual produk yang paling dicari pembeli

Pemilihan produk kuliner juga merupakan faktor utama agar penjual bisa mendapatkan banyak penbeli. Saat ramadan olahan seperti kolak, es cendol, sop buah, aneka gorengan, hingga jajanan pasar sangat dicari oleh para pembeli.

Oleh sebab itu tak ada salahnya anda berjualan produk sejenis agar lebih mudah menggaet pembeli.

3. Buatkan menu paket untuk ramadan

Untuk menarik perhatian pelanggan, pelaku usaha kuliner dapat mengembangkan menu-menu paketnya seperti paket berbuka plus gratis takjil, paket keluarga, paket sahur, paket Ramadan hemat, atau paket menu traktir driver untuk mengajak pelanggan berbagi kebaikan dan rezeki.

4.Lakukan promosi

Promosi adalah hal yang tidak boleh terlewatkan dalam proses bisnis anda. Dengan melakukan promosi dan memasang iklan banyak orang akan tau dan mengenali produk yang anda jual. Selain itu promosi juga bisa menggaet pasar yang lebih luas lagi.

5. Buat foto produk yang menarik

90% informasi yang dikirim ke otak manusia bersifat visual sehingga foto menu memiliki peran krusial menjadi penentu pertama pelanggan dalam membeli atau tidaknya sebuah produk, khususnya di platform online. Di era smartphone saat ini, pelaku usaha kuliner dapat membuat foto menu yang menarik dengan mudah dan hemat hanya dengan kamera smartphone.(*)

Tombol Google News

Tags:

jualan online Kuliner Ramadan Pembeli UMKM jualan
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1