Tips Meningkatkan Kualitas Diri, Agar Tak Diremehkan Orang Lain

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

25 Agustus 2023 00:05 25 Agt 2023 00:05

Thumbnail Tips Meningkatkan Kualitas Diri, Agar Tak Diremehkan Orang Lain Watermark Ketik
Ilustrasi.(Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Saat bersosialisasi tak jarang kita menemukan orang yang kerap kali meremehkan diri kita. Hal ini tentu saja akan membuat kita merasa tertekan dan juga sedih.

Namun dari pada kamu meratapi nasib lebih baik fokus membekali diri agar memiliki mental yang kuat dalam menghadapi pandangan orang yang sering kali tak sesuai dengan yang kita harapkan.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tak lagi diremehkan oleh orang lain. Kunci dari tips yang diberikan ini berfokus tentang bagaimana kamu memandang dirimu, dan mengabaikan pandangan orang lain terhadapmu.

1. Menyayangi Diri Sendiri

Hal ini merupakan langkah paling dasar yakni menyayangi diri sendiri, bagaimana orang lain bisa menghargai kita sedangkan kita sendiri tidak bisa menghargai diri sendiri. Cobalah untuk mengendalikan hal yang bisa kita kontrol salah satunya menerima diri dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Kamu dapat mengesampingkan respon orang lain yang tidak bisa kamu kendalikan.

2. Membangun Rasa Percaya Diri

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah meningkatkan rasa percaya diri. Dengan rasa percaya diri yang tinggi kamu tidak akan mudah merasa tertekan saat orang lain meremehkanmu. Pancarkan energi positif dengan memanfaatkan kelebihan yang kamu punya.

3. Menghargai Orang Lain

Jika kamu ingin dihargai, ada baiknya kamu menghargai orang lain terlebih dahulu. Perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan. Dengan begitu maka orang-orang yang tadinya ingin menjatuhkanmu akan merasa ciut sendiri. 

4. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Berkomunikasi dengan baik adalah senjata yang tepat untuk melawan orang yang hobinya meremehkan orang lain. Jangan ragu untuk menyampaikan pendapatmu dengan tegas jika ada komentar buruk tentangmu. Tegas di sini tentunya tanpa mengucapkan kata-kata kasar ya. Menetapkan batasan tetap diperlukan demi membangun hubungan yang lebih harmonis dengan siapa saja.

5. Memberikan Pengaruh Positif 

Selanjutnya kita dapat memberikan pengaruh baik dan positif bagi orang disekitar kita. Dengan memaksimalkan potensi dan kelebihan yang kita miliki tentunya. Mulailah dari hal-hal kecil seperti senantiasa tersenyum untuk memancarkan kesan bersahabat.

Dengan memancarkan aura positif, kamu akan menjadi contoh bahwa meremehkan takkan mampu meruntuhkan seseorang yang teguh.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kualitas diri Percaya diri pengaruh Positif Sosialisasi Komunikasi