Tips Mudah Menyimpan Riwayat Chat WhatsApp di File PDF

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

12 Maret 2024 02:46 12 Mar 2024 02:46

Thumbnail Tips Mudah Menyimpan Riwayat Chat WhatsApp di File PDF Watermark Ketik
Ilustrasi WhatsApp. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Aplikasi WhatsApp saat ini populer digunakan oleh banyak pengguna di seluruh dunia. Sebagai aplikasi chatting terkemuka, WhatsApp memiliki beragam fitur yang memudahkan para pengguna dalam berkomunikasi.

Salah satu fitur penting yang dihadirkan oleh WhatsApp adalah export riwayat chat ke format PDF melalui smartphone Android. Fitur ini dapat menyimpan chat WhatsApp dalam bentuk PDF yang mudah digunakan, fleksibel, dan dapat disimpan dalam jangka waktu lama.

Berikut ini adalah langkah-langkah mengonversi obrolan WhatsApp Anda ke PDF di Android. Simak ulasannya berikut.

• Buka WhatsApp 

Mulailah dengan membuka aplikasi WhatsApp di perangkat Android anda. Kemudian pilih obrolan yang ingin dikonversi ke PDF.

• Klik tiga titik di pojok kanan atas

Ketuk tanda titik tiga yang terletak di pojok kanan atas layar smartphone Android anda. Ketuk untuk membuka menu dengan berbagai opsi.

• Pilih More dan Export Chat

Di menu ini, pilih More lalu kemudian pilih Export Chat.

• Pilih opsi media

Pilih apakah kamu ingin menyertakan file media seperti foto dan video dalam chat yang diekspor. Langkah ini penting untuk menentukan ukuran dan konten PDF yang diekspor.

• Pilih File untuk Menyimpan hasil ekspor PDF

Selanjutnya, pilih tempat penyimpanan untuk meletakkan hasil ekspor chat. Anda dapat memilih berbagai opsi seperti email, Google Drive, atau platform berbagi file lainnya yang diinstal di Android kamu.

• Simpan sebagai PDF

Gunakan pengonversi PDF online gratis atau aplikasi seperti WPS Office untuk mengonversi file teks yang diekspor menjadi PDF.

• Lihat PDF yang dikonversi

Setelah ekspor selesai, cari file PDF di folder yang dipilih. Anda sekarang dapat melihat, membagikan, atau menyimpan file chatmu dalam format PDF.(*)

Tags:

teknologi aplikasi whatsapp Riwayat chat Format PDF tips