Titik Baca di Alun-Alun Merdeka Kota Malang Belum Banyak Diketahui Masyarakat

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

14 Maret 2024 16:00 14 Mar 2024 16:00

Thumbnail Titik Baca di Alun-Alun Merdeka Kota Malang Belum Banyak Diketahui Masyarakat Watermark Ketik
Warga mengakses Titik Baca yang ada di Alun-Alun Merdeka Malang. (Foto: Lutfia.Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah (Dispussipda) Kota Malang sudah lama membuat inovasi baru berupa Titik Baca. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran ialah Alun-Alun Merdeka Kota Malang yang masih belum banyak diketahui masyarakat.

Biasanya Titik Baca dibuka bebarengan dengan fasilitas Perpustakaan Keliling yang buka setiap hari Senin hingga Kamis, dan juga hari Minggu. Namun Fadiel selaku Staff Layanan Dispussipda Kota Malang menjelaskan masih diperlukan upaya agar Titik Baca dapat diakses lebih banyak pengunjung.

"Aplikasi ini masih kita upayakan untuk dikenalkan kepada masyarakat. Kalau ada yang mendampingi anak-anak untuk datang ke sini, mungkin kita kenalkan kepada orang tuanya," ujar Fadiel, Kamis (14/3/2024). Melalui Titik Baca, masyarakat dapat membaca koleksi buku-buku digital milik Dispussipda.

Untuk mengaksesnya hanya diperlukan gadget dan masyarakat hanya perlu memindai barcode yang telah disediakan. "Untuk bisa mengakses buku bacaan digitalnya, mungkin jangkauannya hanua sekitar 2 kilometer. Khusus dibaca di tempat, yang dekat dengan titik bacanya ini," lanjutnya.

Meskipun belum banyak diketahui, namun sudah ada beberapa masyarakat yang mengakses bacaan ataupun hanya sekadar penasaran. Untuk sementara ini Titik Baca yang berada di Alun-Alun Merdeka Malang belum dipasang secara permanen.

"Ini portabel karena materialnya dari kayu. Kalau kita tinggal di sini bisa kena hujan dan panas bisa rusak. Tapi kalau di lokasi lain seperti MPP, MCC itu permanen namun koleksi buku-bukunya sama," kata Fadiel. Sementara itu Tata (24) merupakan salah satu warga yang memanfaatkan fasilitas tersebut.

Ia mengaku baru pertama kali mencoba layanan tersebut meskipun telah sering datang ke Alun-Alun Merdeka Malang. "Saya baru pertama kali ke sini, jadi belum tahu banyak. Ini mau membaca Secarah Rempah-Rempah," ucapnya.

Kendati demikian, ia merasa tertarik dengan fitur-fitur dan bacaan yang tersedia. Adanya layanan Titik Baca dirasa sangat bermanfaat untuk menambah ilmu sembari bersantai. "Fitur-fiturnya sangat membantu sekali. Kalau kita lagi di Alun-Alun Merdeka kaya gini, bisa belajar dari mana saja terus juga bisa mencari ilmu," tuturnya. (*) 

Tags:

Titik Baca Kota Malang Alun-Alun Merdeka Malang Dispussipda Kota Malang Kota Malang Perpustakaan Keliling Buku Digital