TP PKK Sleman Kenalkan Petani Cilik pada Tim Monev 'Aku Hatinya PKK' Tingkat DIY

Jurnalis: Teguh Ariffianto
Editor: M. Rifat

4 September 2024 06:45 4 Sep 2024 06:45

Thumbnail TP PKK Sleman Kenalkan Petani Cilik pada Tim Monev 'Aku Hatinya PKK' Tingkat DIY Watermark Ketik
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman Sri Hapsari Suprobo Dewi (pakai caping) menunjukkan kegiatan petani cilik yang dikembangkan tim PKK Kapanewon Sleman pada Tim Monev Aku Hatinya PKK tingkat DIY, 3 September 2024. (Foto: Humas Pemkab Sleman/Ketik.co.id)

KETIK, YOGYAKARTA – 'Aku Hatinya PKK' kepanjangan dari Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman, merupakan program Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) untuk menggerakkan masyarakat dalam memanfaatkan halaman rumah sekitar atau pekarangan dengan tanaman-tanaman produktif berupa apotik hidup, warung hidup maupun tanaman hias.

Wakil Ketua 3 Tim Penggerak PKK DIY, Ir Hj Asyantini di sela Monitoring dan Evaluasi (Monev) 'Aku Hatinya PKK' di Padukuhan Jaban, Kalurahan Tridadi, Kapanewon Sleman, Kabupaten Sleman
Selasa 3 September 2024 mengatakan, 'Aku Hatinya PKK' menjadi program yang mendukung ketahanan pangan dan ekonomi keluarga melalui tanaman produktif seperti apotik hidup, warung hidup maupun tanaman hias.

Ia berharap, tim penggerak PKK Kabupaten dapat berpartisipasi aktif untuk memberikan edukasi, memantau dan mendampingi masyarakat Kabupaten Sleman dalam memberdayakan potensi lingkungan tempat tinggalnya.

Dalam kesempatan ini Asyantini mengucapkan terima kasih kepada tim penggerak PKK Kabupaten Sleman yang telah berkontribusi untuk memberdayakan potensi lingkungannya.

"Semoga usaha yang kita lakukan bersama dapat melahirkan manfaat yang luas bagi masyarakat,” harapnya.

Adapun Tim Monev 'Aku Hatinya PKK' beserta rombongan dalam kesempatan ini meninjau pemanfaatan lingkungan rumah masyarakat Jaban beserta beberapa hasil produk UMKM.

Kehadiran mereka disambut oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Sleman Sri Hapsari Suprobo Dewi beserta jajaran.

Kepada Tim Monev 'Aku Hatinya PKK' Tingkat DIY, Bupati Sleman, Ketua TP PKK Kabupaten Sleman beserta rombongan mengenalkan upaya masyarakat setempat dalam menanam tanaman obat, sayur mayur, hingga pemanfaatan pekarangan rumah untuk budidaya berbagai jenis tanaman.

Pada kesempatan tersebut, Tim Monev juga meninjau kegiatan petani cilik yang dikembangkan oleh tim PKK Kapanewon Sleman.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyambut baik kegiatan Monev Aku Hatinya PKK. Menurutnya kegiatan monitoring ini merupakan bentuk keseriusan bersama dalam meningkatkan peran PKK Kabupaten Sleman dalam membentuk halaman rumah atau pekarangan yang indah, rapi asri dan teratur di Kabupaten Sleman.

Dengan adanya monitoring evaluasi ini, sebut Kustini, dapat menambah wawasan dan informasi masyarakat dalam pengembangan peningkatan kualitas halaman rumah yang nyaman sekaligus produktif. Selain itu program ini juga sejalan dengan upaya Pemerintah Kabupaten Sleman dalam menekan angka stunting di wilayah Sleman.

"Dengan dimanfaatkannya halaman rumah untuk tanaman produktif, diharapkan dapat menjadi sumber pangan lokal, peningkatan gizi keluarga dan juga memberi nilai tambah ekonomi keluarga," jelasnya.

Ia berharap hasil evaluasi dapat disampaikan kepada dirinya. Untuk selanjutnya dugunakan sebagai perbaikan dan penyempurnaan program Aku Hatinya PKK Kabupaten Sleman. (*)

Tombol Google News

Tags:

Tim Penggerak PKK DIY Aku Hatinya PKK TP PKK Sleman Pemkab Sleman Pemda DIY Monev Ketua TP PKK Kabupaten Sleman Sri Hapsari Suprobo Dewi